SERTIFIKAT SMK3 PERUSAHAAN

15-08-16 admin 0 comment

Dalam Training K3 Umum terdapat materi tentang SMK3. untuk itu diperlukan pemahaman tetntang SMk3 itu sendiri ..Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2012 mengenai penerapan Sistem Manajemen K3 (Sertifikat SMK3 Perusahaan).

SMk3,

SMk3,


PP No. 50 Tahun 2012 telah ditetapkan pada 12 April 2012 di Jakarta. Didalam Peraturan Pemerintah tersebut merupakan peraturan pelaksanaan dari pasal 87 Undang Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Tersebut dalam PP Nomor 50 Tahun 2012 tersebut, semua pemberi kerja wajib melaksanakan Sertifikat SMK3 Perusahaan, terutama perusahaan yang mempekerjakan minimal 100 tenaga kerja atau perusahaan yang memiliki tingkat potensi kecelakaan yang tinggi akibat karakteristik proses kerja. ( Baca Juga : P2K3 )
 
Kementerian Tenaga Kerja telah membuat target perolehan lebih 800 perusahaan telah dapat meraih Sertifikat SMK3 Perusahaan pada 2013, meningkat dari target 2012 sebanyak 480 perusahaan yang telah mendapat Sertifikat SMK3 Perusahaan.
Peningkatan target Sertifikat SMK3 Perusahaan ini diharapkan dapat mendukung kegiatan sosialisasi dalam upaya mewujudkan tekad Indonesia Berbudaya K3 pada tahun 2016.
Selain itu,penghargaan Sertifikat SMK3 Perusahaan yang dikeluarkon Oleh Kementrian Tenaga Kerja sebagai kepanjangan yangan pemerintah akan dapat memberikan motivasi kepada perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan pembinaan dan pelaksanaan K3 di tempat masing-masing baik secara personil ataupun dalam suatu lembaga.
Penghargaan Sertifikat SMK3 Perusahaan diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan SMK3 berdasarkan Permenaker No.05/Men/1996 dan PP 50 tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan telah diklakukan sesi konsultasi oleh konsultan audit SMK3 juga menjalani lulus proses audit oleh badan yang ditunjuk Kementrian Tenaga Kerja.
Pemerintah terus mendorong perusahaan baik skala kecil maupun besar untuk mendapatkan penghargaan Sertifikat SMK3 Perusahaan dalam setiap aspek pekerjaan yang melibatkan pekerja / buruh dan lingkungannya.
Dalam melakukan penilaian dan pengawasan terhadap penerapan Sertifikat SMK3 Perusahaan di ribuan perusahaan yang terdaftar di seluruh Indonesia, Kementrian Tenaga Kerja melakukan kerja sama dengan pihak lain seperti lembaga jasa konsultan Audit SMK3 independen , jasa audit Sertifikat SMK3 independen yang ditunjuk untuk melakukan konsultasi dan audit penerapan SMK3 berdasarkan standar internasional sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2012.
 
Penghargaan Sertifikat SMK3 Perusahaan diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan SMK3 berdasarkan Permenaker No.05/Men/1996 dan PP 50 tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan telah diklakukan sesi konsultasi oleh konsultan audit SMK3 juga menjalani lulus proses audit oleh badan yang ditunjuk Kementrian Tenaga Kerja. (Baca Juga : Tentang Prashetya Quality )
 
 
 



Leave a reply