Getaran pada Lingkungan Kerja

05-09-16 admin 0 comment

Getaran adalah Gerakan yang teratur dari benda atau media dengan arah bolak-balik dari kedudukan keseimbangannya. Potensi getaran terdapat pada kendaraan, alat berat, alat pengebor, jack hammer, dll. ( Baca Juga : apa itu K3 )
Getaran yang memajan tangan/lengan pekerja hingga melebihi batas setiap hari kerja dapat mengakibatkan gangguan terhadap tulang sendi serta gangguan syaraf dan pembuluh darah. Ini berdampak negatif bagi kesehatan pekerja. Oleh karena itu ditentukan waktu operasi dan batas ukuran getaran yang diperbolehkan bagi pekerja sebagaimana tertera pada lampiran I Permenakertrans No. Per. 13/MEN/X/2011.

nilai ambang batas getaran

nilai ambang batas getaran


Untuk mengukur getaran tersebut kita dapat menggunakan “Vibration Meter”. Hasil pengukuran yang lebih besar dari standar, maka perlu dilakukan pengendalian dengan metode rekayasa teknik (engineering control). Misalnya dengan penggantian bantalan mesin yang telah terlalu keras,  penggantian komponen-komponen yang sudah terlalu longgar dengan mengencangkan baut-baut yang telah longgar dan sebagainya. Namun seandainya ternyata hanya sedikit berhasil menurunkan getaran namun getaran yang memajan lengan/tangan pekerja masih melebihi batas maka metode yang disarankan dilakukan yaitu dengan mengurangi waktu jam pemajanan dengan cara rotasi. ( Baca Juga : Tentang Prashetya Quality )



Leave a reply