Ini Tips Praktis !!, Menerapkan Ilmu K3 di Tempat Kerja

16-08-17 admin 0 comment


Setelah kita mengetahui betapa pentingnya k3 dalam dunia kerja. Maka kita harus segera menegtahui bagaimana cara Menerapkan Ilmu K3 di Tempat Kerja. Dalam kita harus mewujudkan pemahaman tersebut, maka kita membutuhkan tindakan-tindakan praktis. Tindakan praktis tersebut akan kami jabarkan dalam beberapa point di bawah ini.
Apabila telah diputuskan sebagai karyawan, maka harus dapat melakukan ke enam tips keselamatan kerja berikut ini :

  1. Bekerjalah sesuai dengan kompetensi. Apabila kita bekerja di perusahan dan telah melakukan kursus, maka lakukanlah pekerjaan yang sesuai sama kekuatan yang memang memumpuni. Jangan sampai coba-coba terhadap hal yang kurang kita kuasai, meskipun kita tahu sedikit tentang hal tersebut. Bila ini kita laukakan, kemungkin kecelakaan kerja akan dihadapi. Terlebih, bila pekerjaan kita punyai urusan dengan mesin. Oleh karena itu, apabila bukanlah bagian yang kita kuasai, jauhilah mengerjakannya. Apabila memperoleh pekerjaan yang belum Kita kuasai, katakan saja pada manajer Kita bahwal pekerjaan itu tidak dapat dilakukan karena tidak kuasai.

 

BACA JUGA : Manfaat K3 Dalam Dunia Kerja.

2.Mintalah panduan pada orang yang telah memumpuni atau telah ahli. Bila ada pekerjaan yang belum kita kuasai, bahkan kita hanya memiliki skiil yang kurang mumpuni dalam pekerjaan tersebut. Maka, sebelumnya bekerja coba untuk memohon pendapat atau input dari orang yang telah pakar. Maksudnya, hanya untuk melindungi keselamatan kerja atau menghindari Kita dari kecelakaan kerja
3.Kerjakan pekerjaan sesuai prosedur. Terkadang, kita sukai sekali di saat melakukan pekerjaan inginnya cepat usai. Sudah pasti, ini tidak baik. Kerjakanlah pekerjaan sesuai sama prosedur yang Kita. Janganlah sekali-kali bereksprimen. Karena mungkin saja pekerjaan Kita memiliki kandungan resiko yang besar. Diluar itu, yang disebut dengan melakukan pekerjaan sesuai prosedur yaitu tidak bisa melakukan pekerjaan dengan cara acak. Karena mengerjakannya dengan berantakan akan beresiko pada ada hal yang kurang dari apa yang harus ditangani semestinya. Bekerjalah dari langkah awal sampai langkah akhir. Biarkanlah lambat asal berikan selamat.
4.Berlatihlah dulu. Biasanya, semua perusahaan pastinya ada kursus terlebih dulu sebelumnya mengawali bekerja disuatu bagian. Kita sebagai pekerja harus telah terlatih. Jangan pernah Kita kerjakan pekerjaan pada bagian yang tidak Kita kuasai dengan benar. Janganlah mengharapkan, kelak akan terlatih sendiri. Karena bila Kita bekerja pada hal yang terkait dengan mesin akan menyebabkan efek yang beresiko, apabila pola fikir Kita seperti itu. Kita harus betul-betul terlatih dan telah kuasai tehnik pemakaian mesin itu.
 

Baca Juga : Pentingnya K3 di Dunia Migas.

5.Janganlah terlalu banyak bercanda di saat bekerja. Terjadinya kecelakaan kerja salah satu pemicunya yaitu sukanya bercanda antar sesama pekerja. Seharusnya, pekerja tahu kapan waktunya bekerja dengan serius dan kapan waktunya bercanda.
6.Taruhlah semua alat-alat pekerjaan apabila sudah selesai dipakai. Untuk menyebabkan hal yang tidak dikehendaki, maka taruhlah semua alat-alat pekerjaan pada tempatnya apabila telah usai dipakai. Bukanlah mustahil, ada beberapa barang tertentu yang apabila berantakan letaknya akan menyebabkan efek bahaya untuk Kita ataupun orang lain.
Itulah beberapa tips bagaimana meneraplkan ilmu k3 di tempat kerja. Semoga tips sederhana Menerapkan Ilmu K3 di Tempat Kerja berikut dapat bermamfaat untuk anda.
 

BACA JUGA  : Training Kebakaran Tingkat D, 22 – 24 Agustus 2017

 



Leave a reply