Tingkat Kebakaran Menurut NFPA

14-08-17 admin 0 comment


Jika berbicara kebakaran, yang kita pahami hanya sebatas api dan bagaimana memadamkannya. Sebenarnya, Layak kita ketahui dalam kebakaran terkait pengelompokan (Klasifikasi) berdasarkan sumber penyebab kebakaran tersebut. Menurut NFPA (National Fire Protection Association) Amerika, setiap kebakaran tentu memiliki tingkat kebakaran-nya sesuai dengan sumber serta kejadian kebakaran tersebut. Tingkat kebakaran ini merujuk pada klasifikasi internasional menurut NFPA.
Sumber terakhir sampai dengan artikel ini disusun, NFPA membagi klasifikasi (kelas) kebakaran menjadi 6 (enam) kelas yaitu : Kebakaran Kelas A, Kebakaran Kelas B, Kebakaran Kelas C, Kebakaran Kelas D, Kebakaran Kelas E dan Kebakaran Kelas K.

BACA JUGA  : Bagaimana Cara Melakukan Pemadaman Kebakaran ?

Klasifikasi Tingkat Kebakaran itu sendiri bertujuan untuk menentukan media pemadam yang efektif untuk memadamkan api/kebakaran menurut sumber api/kebakaran tersebut, serta berguna untuk menentukan tingkat keamanan jenis suatu media pemadam sebagai media pemadam suatu kelas kebakaran berdasarkan sumber api/kebakarannya.
Diantara tingkat kebakaran tersebut, ialah Kebakaran A, Kebakaran Tingkat B , Kebakaran Tingkat D , Kebakaran Tingkat E , Kebakaran Tingkat K. Berikut kami jelaskan tingkat kebakaran dengan dalam sebuah table sederhana :

Kelas Kebakaran Pemadam
Kebakaran Kelas A

Padat Non Logam

Kertas, Kain, Plastik, Kayu Media Pemadam Kebakaran Kelas AAir, Uap Air, Pasir, Busa, CO2, Serbuk Kimia Kering, Cairan Kimia
Kebakaran Kelas B

Gas/Uap/Cairan

Metana, Amoniak, Solar Media Pemadam Kebakaran Kelas BCO2, Serbuk Kimia Kering, Busa
Kebakaran Kelas C

Listrik

Arus Pendek Media Pemadam Kebakaran Kelas C
CO2, Serbuk Kimia Kering, Uap Air
Kebakaran Kelas D

Logam

Aluminium, Tembaga, Besi, Baja Media Pemadam Kebakaran Kelas DSerbuk Kimia sodium Klorida, Grafit
Kebakaran Kelas E

Radioaktif

Bahan-Bahan Radioaktif <Belum Diketahui Secara Spesifik>
Kebakaran Kelas K

Bahan Masakan

Lemak dan Minyak Masakan Media Pemadam Kebakaran Kelas KCairan Kimia, CO2

Dalam penjelasan singkat, bisa kita lihat dalam gambar dibawah berikut :

penjelasan mengenai tingkat kebakaran yang dikelompokkan berdasarkan jenis bahan bakarnya

sumber gambar : https://goo.gl/Aoam8r


Itulah sedikit penjelasn terkait tingkat kebakaran menurut NFSA . Untuk memahami lebih dalam terkait tingkatan kebakaran menurut klasifikasinya. Silahkan menuju ke link berikut.

BACA JUGA  : Training Kebakaran Tingkat D, 22-24 Agustus 2017



Leave a reply