Penanggulangan Kebakaran

Penanggulangan Kebakaran | Mungkin rekan-rekan satu bulan terakhir mendengar berita terkait Kebakaran hebat yang melanda gudang kembang api di Komplek Pergudangan 99, Jalan Raya Salembaran, Cengklong, Kosambi, Kabupaten Tangerang pada Kamis (26/10/2017). Atau kebakaran hebat lainnya yang pernah terjadi di beberapa kota di wilayah indoesia. Pertanyaannya, bagaimana ketika saudara sekalian berada dalam kondisi tersebut ?, Apa yang akan saudara sekalian lakukan ?.
Kira-kira jika kita berbicara tentang kebakaran ini, tentunya menjadi sebuah permasalahan yang sangat penting juga untuk kita ketahui terkait bagiamana bisa terjadi sebuah kebakaran, dan bagaimana cara pencegahan serta penangulangannya.
(baca juga: Mari kita ketahui, Bagaiamana kebakaran itu bisa terjadi.)
untuk dapat melakukan penanggulangan awal kebakaran, masyarakat harus mengenali tiga kelas kebakaran, yakni karena api yang muncul dari benda padat, cairan mudah terbakar, atau api yang muncul akibat korsleting listrik.
Untuk kebakaran yang disebabkan munculnya api dari benda padat bisa dipadamkan menggunakan media seperti air, pasir, karung goni basah, dan alat pemadam api ringan (APAR) atau racun api tepung kimia kering.
(baca: Tingkat Kebakaran Menurut NFPA)
Sementara untuk kebakaran yang disebabkan cairan mudah terbakar bisa dipadamkan menggunakan pasir, APAR, dan atau racun api tepung kimia kering.
“Dilarang memakai air untuk kebakaran karena cairan mudah terbakar karena berat jenis air lebih berat dari pada berat jenis bahan di atas sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar ke mana-mana,” ungkap Subejo, dikutip Kompas.com dari laman Disdamkar dan PB DKI Jakarta, Selasa (5/9/2017).
Adapun kebakaran yang disebabkan api dari korsleting listrik bisa dipadamkan menggunakan APAR atau racun api tepung kimia kering, setelah mematikan aliran listrik agar proses pemadaman lebih aman.
Berikut video singkat untuk menjelaskan terkait hal di atas :

Semoga penjelasan dan video di atas bermamfaat untuk saudara-saudara sekalian. Setelah sedikit memiliki pengatuan dari penjelasan di atas kami sarankan untuk anda mengikjuti pelatihan terkait bagaimana menjadi petugas Kebakaran, terutama bagi anda yang bekerja berhubungan dengan api.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp Kami