Perbanding Antara Sertifikasi BNSP & KEMNAKER RI

13-02-18 admin 0 comment

Perbedaan antara sertifikasi BNSP dan Kemnaker RI
Sebarnya hal ini sudah pernah di bahas dalam sebuaah artikel yang berjudul Perbedaan antara Sertifikasi BNSP dengan Kemnaker RI . Namun, sebagian pembaca masih ada bertanya, antara perbedaan dari kedua jenis sertifikasi tersebut. Oleh karena itu, berikut kami ulas secara singkat antara perbandingan sertifikasi BNSP dan KEMNAKER RI.
Perbandingan Sertifikasi Kemnaker RI dengan BNSP
• Sertifikasi Kemnaker RI, tenaga kerja harus melaksanakan kegiatan pelatihan terlebih dahulu. Ini akan berdampak baik bagi tenaga kerja yang belum mengerti tentang kompetensi K3 yang akan diujikan. Namun bagi tenaga kerja yang sudah benar-benar mengerti semua materi pelatihan, tentu saja ini akan membuang-buang waktu, mereka sebenarnya sudah siap untuk diuji dan yakin benar untuk menjadi Ahli K3.

Advertisement

Ak3U

• Sertifikasi BNSP, tenaga kerja tidak akan melaksanakan kegiatan pelatihan. Mereka langsung diuji akan kompetensinya. Proses ini jauh lebih cepat selesai dibandingkan sertifikasi dari Kemnaker RI. Akan tetapi tidak direkomendasikan bagi tenaga kerja yang masih ragu akan pemahaman tentang kompetensi yang diujikan.
• Sertifikasi Kemnaker RI berlangsung lebih lama, tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih mahal dibandingkan sertifikasi BNSP.
• Sertifikasi Kemnaker RI hanya ujian satu kali untuk mendapatkan Sertifikat, SIO dan SKP. Sementara BNSP perlu melakukan ujian lagi untuk mendapatkan SKP.
• Keduanya sama-sama SAH secara Nasional.
• BNSP sesuai dengan MRA (diakui Internasional)



Leave a reply