Penerapan Safety Talk, Begini Cara Paling Mudahnya.

08-08-18 admin 0 comment

Penerapan safety talk merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dan bahkan harus dipenuh dalam suatu proyek tertentu. Penerapan safety talk sangat berperan penting bagi keberlangsungan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dilingkungan perusahaan terutama kontraktor. Apabila safety talk dilaksanakan dengan penuh komitmen, maka kemungkinan besar yang namanya kecelakaan kerja bisa menghilang sedikit demi sedikit dari lingkungan kerja anda.

Alasannya karena didalam safety talk tersebut mengandung rangkaian kata penuh makna yang isinya mengingatkan tentang bagaimana kita bekerja dengan aman, selamat dan dapat bekerja sesuai dengan prosedur kerja yang ada.Apabila safety talk sudah dilakukan dengan penuh komitment, maka dari itu berarti perusahaan tersebut sudah benar-benar ingin berjuang menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).Yang bertanggung jawab dalam penyampaian safety talk sebenarnya adalah supervisor / pengawas dilapangan. Lalu pengawas lapangan harus mengusahakan sebelum menyampaikan safety talk menyiapkan materi yang ingin disampaikan agar saat pelaksanaan dilapangan tidak terbata-bata dalam penyampaiannya.

Dan hasil dari penyampaian safety talk setiap harinya dilaporkan oleh HSE yang berwenang dalam mengumpulkan data-data yang terkait mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dilapangan.Safety talk ini dihadiri oleh para pekerja yang pada hari itu ingin melaksanakan pekerjaan, dan isi yang disampaikan adalah langkah kerja, prosedur kerja, bagaimana kita bekerja dengan aman dan yang lainnya, yang pastinya terkait dengan topik keselamatan dan kesehatan kerja.Safety talk sangat perlu dilakukan karena untuk memproses tingkat kesadaran pekerja mengenai ilmu keselamatan dan kesehatan kerja (K3) agar dapat diterapkan dengan baik. Saat menyampaikan safety talk alangkah baiknya menyampaikan dengan komunikasi dua arah seperti membuat sesi tanya jawab dan pertanyaan pertanyaan kecil kepada anggota yang datang agar pekerja ikut akrab dengan apa yang sedang kita sampaikan.

Usahakan materi safety talk yang disampaikan adalah terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), bahaya yang ada dilokasi kerja, cara bekerja dengan aman dan yang lainnya. Sebenarnya hal ini tidak sulit untuk dilakukan, solusinya sebelum melaksanakan meeting safety talk siapkan materinya terlebih dahulu agar segala sesuatu yang ingin disampaikan sudah terencana dengan matang.

Siapa yang memimpin pelaksanaan safety talk?

Yang memimpin untuk pelaksanaan safety talk ini sebenarnya adalah supervisor, namun sekarang-sekarang ini sudah terlalu banyak HSE Officer atau Safety Man yang memimpin dalam pelaksanaan tersebut. Bila dilihat tidak ada salahnya dalam penerapan ini, namun untuk memperlancar dan mengoptimalkan safety talk agar berjalan dengan baik dan segala yang disampaikan benar-benar diterapkan pada keseharian saat bekerja. Alangkah baiknya safety talk tersebut disampaikan oleh supervisor atau pengawas lapangan, hal ini bertujuan agar pengawas lapangan ikut mendorong untuk berjalannya penerapan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dilingkungan perusahaan.

Dimana tempat yang tepat untuk melaksanakan safety talk?

Tempat untuk melaksanakan safety talk ini yang tepat dan paling maksimal diterapkan yaitu bertempat dilapangan atau dilokasi perusahaan tempat anda bekerja. Alasannya karena apabila kita menyampaikan hal tersebut dilokasi kita bekerja, pekerja langsung merespon apabila kita sedang membahas mengenai bahaya yang ada serta bahasan yang terkait dengan lingkungan kerja anda.

Yang terbaik berapa lama safety talk dilaksanakan?

Safety talk dilaksanakan sebenarnya tidak dipatok waktu yang ditentukan oleh peraturan yang ada, namun yang terpenting yaitu apabila anda melaksanakan safety talk usahakan penyampaian disampaikan tidak terlalu lama. Namun dari pembahasan yang anda sampaikan berusahalah langsung ke point utama agar audiance yang hadir pada penyampaian safety talk tidak merasakan bosan dengan pembahasan setiap harinya yang anda sampaikan.

Bagaimana penyampaian safety talk yang baik?

Penyampaian safety talk yang baik yaitu apabila materi yang disampaikan saat pelaksanaan safety talk, audiance memahami dan menerapkan ilmu yang disampaikan. Selain dari pada itu penyampaian safety talk yang baik adalah dengan cara mengadakan komunikasi dua arah agar pekerja ikut terlibat dalam meeting tersebut, serta untuk mengoptimalkan materi safety talk agar berjalan dengan sempurna agar selalu selipkan beberapa kata penyemangat didepan atau pada akhir safety talk.Semoga artikel yang telah kami rangkum ini mengenai safety talk dapat bermanfaat untuk anda. Dan salam safety!

Sumber : https://katigaku.top/2018/07/25/cara-mudah-penerapan-safety-talk/
Penulis: Sandi Okta Prayoga, A.Md (Fire and Safety)



Leave a reply