Manajemen Proyek Konstruksi

03-10-18 admin 0 comment

Pengenalan Manajemen Proyek Konstruksi

Sebelum kita membahas mengenai materi manajemen konstruksi, disini penulis terlebih dahulu mengenalkan tentang awal atau sejarah dari perkembangan manajemen konstruksi.

Salah satu dari keterampilan tertua manusia yaitu adalah kemampuan dalam membangun sesuatu. Pada zaman prasejarah, keterampilan manusia dalam membangunlah yang membedakan antara homo sapiens dari spesies lain (penjelasan homo sapiens di banding spesies lain pembaca silahkan cari info sendiri penulis tidak menjelaskan lebih spesifik hehe). Dahulu kala manusia berjuang untuk hidup dan berlindung dari lingkungan yang membahayakan dengan membangun tempat tinggal dari berbagai material yang ada pada saat itu, seperti tanah, batu, kayu, dan kulit binatang. Pada zaman dahulu pun ternyata manusia sudah menggunakan material seperti yang telah ditulis di atas sebagai material utama dalam membangun sesuatu, bedanya pada zaman sekarang penggunaan material lebih canggih lagi tetapi material utama dari zaman dahulu maupun sekarang masih tetap dipakai.

Ketika masyarakat mulai berkembang menjadi lebih terorganisasi, kemampuan manusia dalam membangun juga meningkat menjadi sesuatu yang menakjubkan terutama pada zaman sekarang, contohnya dapat kita lihat pada bangunan-bangunan tua yang terdapat di seluruh penjuru dunia, misalnya candi borobudur di indonesia yang kita ketahui sebagai salah satu candi terbesar di dunia, bagaimana manusia pada zaman dahulu dapat membangun sebuah bangunan megah akan tetapi penulis sampai sekarang belum mengetahui bagaimana metode pelaksanaan bangunan, perencanaan, dll dalam proses bangunan tsb. Sejalan dengan perkembangan waktu beratus-ratus tahun kemudian, membangun menjadi suatu industri yang menjadi penyokong kehidupan suatu bangsa.

salah satu bangunan zaman dahulu (source : wikipedia)

Pada masa sekarang ini, industri konstruksi merupakan suatu industri ekonomi nasional yang berhubungan dengan persiapan lahan dan pembangunan, percepatan, dan perbaikan bangunan, struktur, dan properti lain. Atas dasar itu, industri konstruksi merupakan salah satu industri paling berkembang di seluruh dunia termasuk negara tercinta kita Indonesia. Pertumbuhan industri konstruksi sejalan dengan pertumbuhan di suatu negara, di negara kitapun Indonesia saat ini sedang gencar pembangunan dari wilayah barat maupun timur baik itu proyek skala kecil, sedang, dan besar.  Menurut Halpin (1998), sektor-sektor berbeda dari industrik konstruksi menunjukkan pola pertumbuhan yang berbeda di seluruh dunia, seperti :

1. Industri konstruksi Menyumbangkan nilai yang sangat besar pada pendapatan per kapita     dunia, yaitu sekitar 1/10 dari GDP dunia
2. Industri Konstruksi merupakan industri yang potensial dalam penyerapan tenaga kerja         yang besar, yaitu sekitar 7% dari seluruh tenaga kerja di dunia
3. Industri Konstruksi menyerap 2/5 dari total penyerapan energi di seluruh dunia yang             membuat  industri ini menjadi sektor terbesar dalam penyerapan energi.

Industri ini terdiri dari perusahaan besar maupun perushaan kecil. Perusahaan besar dapat menandatangani suatu kontrak sejumlah ratusan miliar per tahun dan melibatkan ribuan pekerja dimana perusahaan tsb bergerak di pasar dalam maupun luar negeri. Sektor Industri merupakan suatu industri yang berbeda dengan industri lainnya, maka pembagian jenis konstruksi akan sangat membantu dalam memahami struktur industri ini. Secara Luas, proyek-proyek konstruksi dapat dibagi atau diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Konstruksi Gedung
2. Konstruksi Teknik
3. Konstruksi Industri

Demikian pengenalan manajemen konstruksi pada kali ini. Semoga bermamfaat 🙂

sumber : http://manproyek.blogspot.com/2016/03/pengenalan-manajemen-proyek-konstruksi.html

ADS

muda kontrksi


Leave a reply