Setelah sebelumnya kita pernah membahasa terkait Tingkat Kebakaran Menurut NFPA kali ini kita akan mencoba membahas terkait aturan terbaru dari NFPA tentang Standar Baru Terkait Fire Alarm & Signaling Code.

National Fire Protection Association (NFPA) baru saja meluncurkan standar baru tersebut yaitu versi NFPA 72:2019.

Standar ini disiapkan oleh Technical Committees on Fundamentals of Fire Alarm and Signaling Systems, Testing and Maintenance of Fire Alarm and Signaling Systems, Initiating Devices for Fire Alarm and Signaling Systems, Notification Appliances for Fire Alarm and Signaling Systems, Protected Premises Fire Alarm and Signaling Systems, Emergency Communication Systems, Supervising Station Fire Alarm and Signaling Systems, Public Emergency Reporting Systems, and Single- and Multiple-Station Alarms and Household Signaling Systems, released by the Correlating Committee on Signaling Systems for the Protection of Life and Property, dan ditindaklanjuti oleh NFPA pada pertemuan teknis asosiasi yang diadakan pad 11 sampai 14 Juni 2018.

Standar ini dipublikasikan tanggal 3 September 2018, sehingga secara efektif menggantikan semua edisi NFPA 72:2016 sebelumnya.

Edisi pertama dari National Fire Alarm Code diterbitkan pada tahun 1993, dari konsolidasi:

  1. NFPA 71 edisi 1989 yaitu Standard for the Installation, Maintenance, and Use of Signaling Systems for Central Station Service.
  2. NFPA 72 edisi 1990 yaituStandard for the Installation, Maintenance, and Use of otective Signaling Systems.
  3. NFPA 72E edisi 1990 yaitu Standard on Automatic Fire Detectors.
  4. NFPA 72G edisi 1989, yaitu Guide for the Installation, Maintenance, and Use of Notification Appliances for otective Signaling Systems.
  5. NFPA 72H edisi 1988 yaitu Guide for Testing Procedures for Local, Auxiliary, Remote Station, and Proprietary Protective Signaling Systems.
  6. NFPA 74 edisi 1989 yaituStandard for the Installation, Maintenance, and Use of Household Fire Warning Equipment.

Banyak persyaratan dari standar ini identik atau sangat mirip. Rekomendasi yang diambil dari panduan (NFPA 72G dan NFPA 72H) yang diubah menjadi persyaratan wajib. Edisi 2019 mencerminkan sejumlah perubahan. Persyaratan untuk akses pemadam kebakaran pada elevator dan evakuasi penghuni sepenuhnya direvisi untuk berkoordinasi dengan perubahan yang dibuat dalam ASME A17.1 / CSA B44. Persyaratan untuk operasi evakuasi penghuni direvisi secara luas.

Teks tambahan ditambahkan untuk klarifikasi. Operasi evakuasi penghuni (interface sistem elevator dengan sistem alarm kebakaran gedung berdasarkan ASME A17.1, Bagian 2.27.11; dan NFPA 72, Bagian 21.6). Selain persyaratan untuk area perlindungan (area bantuan penyelamatan), Bab 24 direvisi untuk mencakup persyaratan untuk sistem komunikasi tangga, sistem komunikasi pendaratan lift, dan sistem komunikasi lobi lift penghuni. Tinjauan telah dilakukan dan revisi dilakukan untuk memastikan penyelarasan NFPA 72 dengan Manual of Style untuk dokumen Komite Teknis NFPA.

Revisi editorial ini mencakup pelarian paragraf dengan beberapa persyaratan menjadi paragraf yang diberi nomor tersendiri untuk setiap persyaratan dan minimalisasi penggunaan pengecualian. Selama bertahun-tahun, ketika kode membutuhkan pemberitahuan visual (atau terlihat) di samping pemberitahuan yang dapat didengar, lampu sorot yang memenuhi persyaratan Bab 18 digunakan. Dengan produk LED yang lebih baru yang dapat digunakan untuk alarm kebakaran, istilah “strobe”, “Lights”, dan “visible” telah diubah menjadi “visual notification appliance “(alat

pemberitahuan visual). Istilah “speaker” dan “High Power Speaker Array (HPSA)” diubah menjadi “loudspeaker” dan “High Power Loudspeaker Array (HPLA)” untuk konsistensi.

Standar ini dapat dijadikan acuan bilamana perusahaan ingin melakukan penilaian risiko kebakaran (Fire Risk Assessment) di tempat kerjanya dengan dipadukan standar-standar lain yang terkait baik itu standar local maupun internasional.

Sumber:

  1. https://www.nfpa.org
  2. NFPA 72:2019 Standard “Fire Alarm and Signaling Code)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *