Ketika satu-satunya kepastian adalah ketidakpastian, IEC dan ISO ‘alat manajemen risiko’ membantu organisasi untuk tetap di depan ancaman yang dapat merusak kesuksesan mereka.

Semua bisnis menghadapi ancaman secara terus-menerus, mulai dari lanskap politik yang tidak dapat diprediksi hingga teknologi yang berkembang pesat dan gangguan kompetitif. IEC dan ISO telah mengembangkan peralatan standar manajemen risiko untuk membantu bisnis mempersiapkan, merespons, dan memulihkan dengan lebih efisien.

Ini mencakup standar yang baru diperbarui tentang teknik penilaian risiko. IEC 31010:2019, Manajemen risiko – Teknik penilaian risiko, menampilkan serangkaian teknik untuk mengidentifikasi dan memahami risiko. Telah diperbarui untuk memperluas jangkauan aplikasinya dan menambahkan lebih banyak detail daripada sebelumnya. Ini melengkapi ISO 31000, Manajemen risiko.

IEC 31010 menjelaskan proses yang harus diikuti ketika menilai risiko, dari menentukan ruang lingkup hingga memberikan laporan. Ini memperkenalkan berbagai teknik untuk mengidentifikasi dan memahami risiko dalam konteks bisnis atau teknis.

Perlengkapan manajemen risiko IEC dan ISO menonjolkan standar yang disepakati secara internasional dengan praktik terbaik dan tolok ukur tentang cara mengelola risiko, serta kerangka kerja manajemen risiko, prinsip dan proses yang disepakati.

Profesor Jean Cross, yang merupakan Pengurus kelompok ahli yang memelihara dan merevisi IEC 31010 mengatakan, “IEC 31010 adalah pelengkap yang berharga untuk ISO 31000 dengan memberikan perincian tentang bagaimana risiko dapat dinilai dan menggambarkan keuntungan dan kerugian dari berbagai teknik yang berbeda. dapat digunakan”.

“Standar ini berguna baik sebagai bagian dari proses untuk mengelola risiko dan ketika membandingkan opsi dan peluang sehingga keputusan didasarkan pada pemahaman yang baik tentang risiko,” katanya. IEC 31010 dikembangkan oleh Joint Working Group 16, yang menyatukan para pakar dari Komite Teknis IEC 56, Dependability, dan ISO / TC 262, manajemen risiko. Sekretariat kedua komite dipegang oleh BSI, anggota IEC dan ISO untuk Inggris.

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2403.html

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp Kami