Sertifikasi ISO 9001

PT. PUSAT SERTIFIKAT PRASETYA membantu perusahaan meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui sistem manajemen organisasi yang handal.

TANTANGAN BISNIS

Di era globalisasi saat ini, tuntutan pasar semakin meningkat dan tingkat persaingan semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk beroperasi lebih efektif dan efisien untuk menghasilkan produk bermutu tinggi secara konsisten. Perusahaan yang mampu memenuhi tuntutan-tuntutan ini akan dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan global. Salah satu cara untuk menjadi perusahaan yang kompetitif adalah dengan mengikuti sistem manajemen mutu yang disarankan dalam standar ISO 9001. 

PT. PUSAT SERTIFIKAT PRASETYA sebagai pihak ketiga yang kompeten dan independen memiliki pengalaman dalam melakukan sertifikasi ISO 9001.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

ISO 9001 adalah standar international yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu (quality objective) serta pencapaiannya yang bisa diterapkan dalam setiap jenis organisasi/perusahaan berdasarkan persyaratan 8 klausul ISO 9001:

  1. Ruang lingkup
  2. Rujukan normatif
  3. Istilah dan definisi
  4. Sistem manajemen mutu
  5. Tanggung jawab manajemen
  6. Manajemen sumber daya
  7. Realisasi produk
  8. Pengukuran, Analisis dan Peningkatan.

Pelaksanaan

Proses Sertifikasi kesesuaian sistem mutu organisasi terhadap persyaratan standar seri ISO 9001 dilakukan dengan tahapan berikut:

  1. Pendefinisian ruang lingkup sertifikasi.
  2. Kunjungan pendahuluan dilakukan untuk melihat gap analisis dan diagnosis antara standar yang diterapkan oleh organisasi terhadap ISO 9001.
  3. Audit sertifikasi dilakukan dalam dua tahap yaitu :
    1. Tahap 1:
      Audit Pendahuluan Yakni audit dokumen dan pre-audit untuk menguji tingkat penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 di organisasi, guna persiapan pelaksanaan Audit Sertifikasi.
    1. Tahap 2:
      Audit Sertifikasi Yakni audit komprehensif untuk menilai efektivitas penerapan sistem manajemen mutu berdasarkan sistem dokumentasi yang telah dibuat dan ruang lingkup aplikasi sistem manajemen mutu.
  4. Sertifikat akan diterbitkan oleh PT. PUSAT SERTIFIKAT PRASETYA-ICS sesuai dengan ruang lingkup penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 dan standar yang diaplikasikan oleh perusahaan serta berlaku selama 3 tahun sejak tanggal pengesahannya. Sertifikat baru bisa diterbitkan setelah organisasi melakukan tindak perbaikan (corective action) terhadap hasil temuan audit.
  5. Audit Pengawasan akan dilakukan oleh PT. PUSAT SERTIFIKAT PRASETYA-ICS untuk memantau tingkat pemeliharaan sistem managemen organisasi.
  6. Audit Sertifikasi-Ulang akan dilakukan oleh PT. PUSAT SERTIFIKAT PRASETYA-ICS setelah 3 tahun dengan melakukan audit sertifikasi secara keseluruhan terhadap organisasi yang telah disertifikasi.

Pelaporan/Sertifikasi

Berdasarkan penerapan yang efektif dan dibuktikan dengan hasil audit yang memuaskan, PT. PUSAT SERTIFIKAT PRASETYA akan menerbitkan sertifikat ISO 9001.

Manfaat

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  2. Meningkatkan citra dan daya saing perusahaan.
  3. Meningkatkan peluang untuk masuk pasar global.
  4. Meningkatkan performa organisasi (produktivitas, efisiensi dan efektivitas operasional).
  5. Meningkatkan moral karyawan melalui sistem kerja yang baik dan konsisten.
  6. Memberikan rekomendasi terhadap perbaikan sistem organisasi secara kontinyu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *