Kalau sudah akhir tahun begini, biasanya dibanyak kampus sudah mulai melakukan kegiatan wisuda. Dan tentunya, banyak mahasiswa abadi, atau mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas mulai berhamburan keluar dari statusnya menjadi mahasiswa.

Bahagia tentunya, namun ditengah kebahagiaan itu, juga beriringan dengan rasa takut serta khawatir menghadapi dunia luar kampus. Bahkan sering ada istilah, ” Setelah lulus kuliah, siap-siap menghadapi kehidupan yang sesungguhnya!”.

Terkhusus bagi mahasiswa yang masih fresh graduate. Belum sama sekali memiliki pengalaman kerja. Bahkan mahasiswa yang sebelumnya kuliah sambil kerja, tapi pekerjaannya masih terbilang kurang bonafit. Nah, tentunya kondisi-kondisi tersebut akan semakin mendorong rasa takut dan khawatir dalam menghadapi kehidupan selanjutnya.

Namun, jangan khawatir. Saat ini kesempatan dan jalan terbuka lebar untuk mengatasi ketakutan dan kondisi-kondisi tersebut. Apalagi perihal pekerjaan. Selain saat ini sudah banyak sekali platform online job seekers komersial milik swasta. Tidak mau kalah, pemerintah lewat Kementrian Ketenagakerjaan membuat sebuah platform pencarian kerja.

Dalam meningkatkan pelayanan bidang ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan mengembangkan aplikasi pencari kerja bernama “karirhub” yang bisa diakses melalui laman https://karirhub.kemnaker.go.id .

Keunggulan Aplikasi Karirhub ini antara lain :

1.          Tidak dipungut biaya;

2.          Data profil pencari kerja yang valid;

3.          Terintegrasi dengan Aplikasi Wajib Lapor (WLKP), Pelatihan dan Sertifikasi;

4.          terdapat fitur Job Matching (daftar pencari kerja ditampilkan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan);dan skala nasional.

Akses aplikasi tersebut memang sangat mudah dan beberapa fitur sangat menguntungkan untuk kita. Dan kabar baiknya juga, yang mendaftar aplikasi ini juga masih lumayan sedikit, jadi kesempatan untuk menemukan pekerjaan juga sangat besar.

Meskipun, perusahaan yang tergabung masih terbilang sedikit. Tapi, dengan kita terus mendorong, dan menjadikan aplikasi ini sebagai tempat pencarian kerja, mungkin nanti platform ini akan semakin dilirik oleh perusahaan-perusahaan yang belum tergabung.

Jadi, jangan tunggu lama lagi. jika kamu termasuk kedalam club-club yang sedang mencari kerja, atau mulai berfikiran ingin mendapatkan pekerjaan. Langsung saja akses aplikasi karirhub ini. Barangkali jodoh, dan bertemu dengan pekerjaan yang di idamkan.

Dan buat kamu yang juga sedang mencari pekerja, kamu juga bisa mendaftarkan perusahaan kamu lhoo.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *