Pengertian K3

07-04-16 admin 4 comments

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan suatu bidang yang terkait dengan aspek-aspek kesehatan dan keselamatan bagi manusia yang diterapkan secara bersamaan ketika ia melakukan pekerjaannya. Tujuannya supaya pekerjaan apapun yang dilakukan, kondisi dapat tetap sehat dan selamat baik bagi dirinya, orang lain, maupun lingkungan. Untuk melakukan penerapan K3, dibutuhkan persiapan dan kematangan akan pengetahuan K3 terlebih dahulu. Hal ini bisa didapat dengan belajar dari ahlinya, menganalisa setiap permasalahan kerja, serta data-data yang sudah tercatat.
Pekerjaan dengan resiko yang tinggi, membutuhkan perancangan K3 yang tinggi pula. Sampai pada akhirnya perusahaan, pekerja, dan alat mendapatkan tanda kelayakan K3 sehingga pekerjaan dapat dijalankan. Tanda Kelayakan ini bisa berupa sertifikat, surat izin operasional, ataupun surat pernyataan laik fungsi dari lembaga negara setempat. Pekerja yang melanggar ketentuan K3 akan dikenakan sanksi Pidana maksimal 3 bulan atau sanksi Denda maksimal Rp.100.000 sesuai dengan UU No 1 thn 1970 pasal 15.
Dari segi kebutuhan, penerapan K3 disesuaikan dengan masing-masing ruang lingkup pekerjaan. Sebagai contoh pekerjaan perancah membutuhkan penanggulangan terhadap ketinggian, pekerja diwajibkan mengenakan safety belt dan helm. Kemudian pekerjaan pengelasan, pekerja diwajibkan mengenakan welding gloves dan welding goggles. Perbedaan kebutuhan ini dikarenakan jenis resiko yang dihadapi bagi setiap sektor pekerjaan bervariasi juga.
Metode penerapan K3 juga perlu diteliti karena akan menyangkut bagaimana perusahaan atau personal bisa mengendalikan semua pihak untuk berada di luar faktor-fator terjadinya kecelakaan. Baik itu dengan pemenuhan standar K3, pembinaan, pengecekan berkala, saling mengingatkan secara lisan, ataupun dengan cara lainnya, diharapkan aspek-aspek K3 terselenggarakan.
Penerapan K3 harus dapat melindungi seluruh pihak dari lima faktor bahaya yakni, bahaya biologi, kimia, Fisik/Mekanik, Biomekanik, serta Psikologis. Sekalipun seseorang mengalami kejadian bahaya, harus ada tim pelaksana pertolongan yang mampu mengobati pekerja.
Kesimpulannya, K3 haruslah direncanakan, dipelajari, dan dipahami untuk nantinya diterapkan dalam pekerjaan. Perusahaan dapat menjamin lingkungan kerja yang sehat dan aman, serta dapat menjamin keselamatan semua pihak dari resiko kecelakaan.



Discussion

  • Ilmu keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

    […] Sebelum Mengikuti Training K3 Harus Lah kita mengetahui Apa itu Ilmu K3 . Ilmu keselamatan dan kesehatan kerja (disingkat “K3”) adalah ilmu dan seni dalam pengelolaan hazard (bahaya) dan risiko agar tercipta kondisi tempat kerja yang aman dan sehat. Ilmu K3 bersifat multidisiplin, yang meliputi ilmu dasar dan ilmu terapan. Karena bersifat multidisiplin maka ilmu ini juga dipelajari di berbagai macam bidang seperti bidang kesehatan masyarakat, teknik, kedokteran, manajemen, dsb. Karena itu program studi yang mendalami K3 dan lulusannya berpotensi menjadi profesional di bidang K3 juga beragam dan salah satunya adalah K3 kesehatan masyarakat (kesmas) / public health..( Baca Juga : Pengertian K3 ) […]

    07-04-16 Balas
  • P2K3

    […] Tugas Utama P2K3 adalah memberikan saran dan pertimbangan di bidang K3 kepada  pengusaha/pengurus tempat kerja (diminta maupun tidak). Dengan fungsinya untuk  menghimpun dan mengolah data K3, mendorong peningkatan penyuluhan, inspeksi, latihan, dan penelitian K3, serta membantu pimpinan untuk menyusun kebijakan K3.( Baca Juga : apa itu K3 )  […]

    07-04-16 Balas
  • Getaran pada Lingkungan Kerja

    […] Getaran adalah Gerakan yang teratur dari benda atau media dengan arah bolak-balik dari kedudukan keseimbangannya. Potensi getaran terdapat pada kendaraan, alat berat, alat pengebor, jack hammer, dll. ( Baca Juga : apa itu K3 ) […]

    07-04-16 Balas
  • P2K3 Pada perusahaan

    […] Tugas Utama P2K3 adalah memberikan saran dan pertimbangan di bidang K3 kepada  pengusaha/pengurus tempat kerja (diminta maupun tidak). Dengan fungsinya untuk  menghimpun dan mengolah data K3, mendorong peningkatan penyuluhan, inspeksi, latihan, dan penelitian K3, serta membantu pimpinan untuk menyusun kebijakan K3.( Baca Juga : apa itu K3 )  […]

    07-04-16 Balas

Leave a reply