Manfaat K3 dalam Dunia Kerja

15-08-17 admin 1 comment

Mengapa Penting Memahami Manfaat K3 ?

Bisa kita bayangkan, benda berharga seperti emas yang berupa kalung atau gelang indah awalnya di memlalui proses penambangan oleh beberapa orang yang perlu bekerja dikedalaman tanah dalam kegelapan, dengan kelembapan 100%, O2 yang perlu disuplai terus-terusan memakai mesin agar beberapa orang yang bekerja tidak kehabisan napas?
Coba kita amati, sebuah boneka lucu dan lembut untuk anak-anak kita terdapat beberapa orang yamg bekerja dengan paparan serat asbes yang berisiko menyebabkan kanker paru-paru pada pekerja itu masa datang?
Disetiap pekerjaan apapun, kita tidak akan pernah menduga terkait ancaman-ancaman peristiwa yang bisa saja menimpa siapa saja. Hal ini tidak luput juga bisa menimpa pada setiap pekerjaan dalam sebuah instansi atau perusahaan manapun. Maka disinilah pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja atau manfaat k3 harus kita ketahui.
Keselamatan dan kesehatan kerja penting keberadaanya, dan hal ini sangat penting tentang Mamfaat K3,  walau di daerah pekerjaan yang termasuk aman. Misalnya, di bidang korporasi. Bidang ini termasuk tempat kerja yang kecil perkiraan kecelakaannya. Tetapi, tetap harus keselamatan dan kesehatan pekerja yang ada di dalamnya harus ada. Setiap orang tentu inginkan untuk bekerja.
Ada banyak beberapa jenis pekerjaan lain yang mungkin menyebabkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja masa datang. Untuk tersebut diperlukan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di setiap tempat kerja dimana saja. Karena Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah hak setiap orang pekerja di bagian pekerjaan apa pun di bidang resmi maupun informal.

Lalu, Apa saja Manfaat K3 ?


Advertisment


Hiperkes Dokter Hiperkes Paramedis

Mamfaat utama Keselamatan dan kesehatan kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan. Fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mengungkapkan sebab-akibat suatu kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak.
Menurut Mangkunegara (2002, p.165) bahwa tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebagai berikut:
a. Agar setiap pegawai mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik, sosial, dan psikologis.
b. Agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya selektif mungkin.
c. Agar semua hasil produksi dipelihara keamanannya.
d. Agar adanya jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan kesehatan gizi pegawai.
e. Agar meningkatkan kegairahan, keserasian kerja, dan partisipasi kerja.
f. Agar terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja.
g. Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja



Discussion

  • Mensosialisasikan K3, begini caranya ! – Pusat Info Pelatihan K3

    […] pentingnya penerapan K3, untuk mencegah Potensi Bahaya dan Risiko di Tempat Kerja maka dibutuhkan sosialisasi terkait K3 […]

    15-08-17 Balas

Leave a reply