Dalam suatu pekerjaan, banyak Potensi Bahaya dan Risiko di Tempat Kerja sehingga dibutuhkannya penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)    di tempat kerja. Sehingga hubungan pekerjaan dan kecelakaan kerja jeisnya berbeda-beda.

Metode kerja yang berbeda di berbagai bidang pekerjaan tentunya membutuhkan aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang berbeda juga. Resiko kecelakaan kerja hampir ada di semua industri tersebut, hal ini telah menghadapkan pekerjanya dengan resiko kecelakaan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kesemuanya itu sudah menjadi tugas utama pemerintah dalam hal ini terutama Depatemen Keselamatan Kerja serta pihak perusahaan untuk mampu dan bisa menghindari ataupun mengurangi hingga sekecil mungkin terjadinya resiko kecelakaan kerja. Sebagai contoh kecelakaan yang terjadi di area pertambangan dimana dapat menimbulkan kerusakan alat ataupun mesin, juga hilangnya waktu produksi.

Hilangnya nyawa pekerja dan juga cacat permanen menjadi resiko yang harus dihadapi para pekerja dan secara tidak langsung akan menimbulkan efek bagi keluarganya. Pentingnya penggunaan alat untuk mencegah kecelakaan kerja dan selalu menjaga kesehatan para pekerja menjadi fokus utama perusahaan dan pemerintah.

istock_000022964228small1-637x424

Sebagai contoh yaitu pada pekerja pengeboran minyak lepas pantai, dimana sebelum bertugas di rig (kilang minyak lepas pantai) biasanya diadakan pemeriksaan K3. Baik itu kesehatan pekerja dan juga larangan-larangan untuk menghindari kecelakaan kerja seperti misalnya tidak merokok saat di rig.

Contoh lainnya seperti pada pekerja bangunan. Kelengkapan peralatan keselamatan seperti helm dan lain sebagainya sangat penting diperhatikan terutama saat melakukan konstruksi gedung-gedung bertingkat sebagai langkah awal mencegah kecelakaan kerja. K3 juga menjadi fokus utama di industri-industri berbahan kimia, sebagai contoh yaitu pada industri tekstil yang mewajibkan para pekerjanya untuk menggunakan masker agar tidak menghirup gas-gas beracun yang ditimbulkan reaksi kimia bahan demi kesehatan pekerja dan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja. Itulah mengapa K3 memiliki hubungan yang erat dalam setiap metode kerja yang ada di sektor industri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Hari Lagi Promo DihentikaanSegera Putuskan, Ambil Promo Ini. Ahli K3 Umum Hanya Segini !!!

Mana ada training ahli K3 umum segini ?. Kamu adalah orang yang spesial, sebagai generasi penerus yg penuh karya. Maka kami harus selalu mendukungmu. Ayo daftar, dapatkan promonya !

Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
CostumerCare
Costumer Care
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Head Marketing Officer
Meydia
Jauh