Tahukah kalian ? K3 tidak hanya bisa diterapkan untuk paerusahaan/pabrik saja. Akan tetapi K3 juga bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja sih kegiatan dari bangun tidur, kuliah/kerja, pulang, bersama keluarga, mengerjakan tugas, sampai tidur lagi. Jangan sampai semua kegiatan kita terkesan tidak teratur, padahal kita bisa menerapkan K3 sehingga tercipta aktivitas yang efektif , tertata dan menyenangkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berikut cara penerapannya.

  1. Good House Keeping

Kita bisa menata peralatan-peralatan tulis kita, barang-barang kita secara lebih efektif. Well-located. Terencana. Meletakkan barang-barang yang sangat cepat diperlukan di dekat kita (seperti gunting, pulpen, modem, charger, HP, dll) sehingga bisa diraih dengan mudah. selanjutnya baru meletakkan peralatan-peralatan yang kurang diperlukan agak jauh tidak apa-apa (misalnya penggaris, topi, setrika). Jangan sampai ada kabel-kabel yang berseliweran di lantai, terkesan berantakan bahkan sewaktu-waku bisa membuat orang tersandung. jatuh. dari situ  kita bisa mengatur tata letak barang-barang kita dengan efektif, kelihatanya sepele tapi jika sudah diterapkan kita akan merasakan sekali manfaatnya. Setelah barang-barang kita pakai, harap segerea dikembalikan ke tempat semula.

  1. Resik, Ringkas, Rapi (3R)

Hendaknya kamar, rumah, halaman rumah, ruangan kelas selalu dibersihkan secara berkala. Akan enak dipandang kalau ruangan kita resik terlebih dahulu (disapu, dipel), ringkas dan tidak berantakan (simpanlah barang-barang yang tidak diperlukan di gudang), apalagi ditambah dengan kerapi. 3R for life, for comfortable life.

  1. Pengaturan Jadwal dan agenda.

Aturlah kegiatanmu dengan baik, apalagi yang sibuk berorganisasi atau yang lainya, harus pandai-pandai membagi waktu tuh. Konsep ini sama dengan Hazard Identification & Risk Assessment (HIRA) di perusahaan. Hendaknya kegiatan itu dilist terlebih dahulu, membuat to-do-list pada secarik kertas. Nilai-lah level penting dan mendesaknya. Kegiatan yang akan kita lakukan pertama kali harusnya kegiatan yang penting dan mendesak, kemudian baru kegiatan yang penting tapi tidak mendesak, kemudian kegiatan yang tidak penting tapi mendesak, yang terakhir kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak. Sebagai contoh Misalnya kegiatan penting dan mendesak itu Ujian & Sholat Jum’at,sedangkan kegiatan penting tapi tidak mendesak itu seperti kuliah, tidak penting tapi mendesak itu contohnya kegiatan kemah atau makrab, dan yang terakhir tidak penting tidak mendesak sebagai contoh adalah bermain facebook, twitter, main game online, dll.

  1. Memasang Kotak P3K di rumah

Sangatlah penting merencanakan dan memasang kotak P3K yang berisi perlengkapan obat-obatan di rumah kita, selain bermanfaat apabila ada kegiatan emergency, kita juga akan terlihat peduli dengan kesehatan keluarga kita.

Dalam aktivitas sehari-hari, banyak hal yang tidak pernah diduga terjadi dengan tiba-tiba terkait dengan kesehatan tubuh kita. Kita memang tidak pernah berharap kejadian-kejadian tidak menyenangkan, namun ada baiknya jika selalu siap dan waspada terhadap hal tersebut dengan mempersiapkan alat dan bahan pertolongan pertama yang umumnya kita sebut Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK atau P3K). By the way, apa saja sih perlengkapan yang harus ada di dalam kotak P3K? Let’s check this out.

  1. Mengatur iklim ruangan.

Aturlah pencahayaan ruangan yang berasal dari lampu sesuai dengan kapasitas mata kita. Perhatikan apakah ruanganmu harus dikasih lampu dengan daya 18 watt atau berapakah, sesuaikan dengan kenyamanan kita. Penerangan ruangan yang terlalu redup akan menyebabkan mata kita cepat lelah bukan?. Tidak nyaman. Kemudian membahas tentang suhu ruangan, jika ruanganmu terlalu panas, bisa ditambahkan dengan kipas angin ataupun air conditioner (AC) jika budgetnya memungkinkan. Sehingga terciptalah ruangan yang nyaman, kita tidak cepat lelah.

  1. Alat Pelindung Diri (APD)

Memakai helm saat hendak keluar mengunakan kendaraan akan menjaga kita dari dampak buruk jika terjadi kecelakaan. Tidak peduli walau jauh ataupun dekat, tetaplah selalu menggunakan helm. Ada banyak manfaat jika kita menggunakanya, antara lain terhindar dari polisi yang berkeliaran menyetop untuk menilang (bukti pelanggaran), melindungi kita dari panas terik matahari, melindung kepala dari benturan, jika helmnya bagus malah bisa buat gaya juga lho. Misalnya helmnya bermotif modern atau kita bisa menempelinya dengan stiker-stiker yang keren sesuai dengan keinginan kita sehingga helm yang kita punya terlihat lebih menarik.

APD itu bukan cuma helm aja ya teman-teman, contohnya masker, kita bisa menggunakan masker saat bersih-bersih rumah (supaya terhindar dari bahaya debu dan virus dari sampah yang dapat masuk ke pernafasan kita). Saya dulu pernah bersih-bersih rumah dan gudang (rumah ku pas kotor sekali, ampun deh kotornya). Waktu itu hari-hari sebelum lebaran.setelah bersih-bersih aku mengalami batuk-batuk non-stop selama 3 minggu (periksa ke dokter 2 x). Makanya pake masker karo pas bersih2 rumah.

  1. Keseimbangan Gizi

Pastinya nggak pengin kan tubuh tepar & sakit karena banyak aktivitas tetapi kalori dan gizi yang kalian konsumsi dinilai kurang. Maka dari itu aturlah pola makan kita sehari-hari. Yang dimaksud dengan keseimbangan kalori disini adalah adanya kesesuaian antara jenis aktivitas kita sehari-hari dengan standar kalori yang harus ada dalam tubuh (antara lain Karbohidrat, Protein, zat besi, vitamin-vitamin, dan mineral).

  1. Olahraga, Musik, dan Rekreasi

Jangan sampai ya ente terlalu stress akibat dari pekerjaan atau tugas-tugas yang banyak dari sekolah. Ayo bergerak, Olahraga! Sekedar jogging/lari-lari kecil di sore hari setelah beraktivitas akan meningkatkan kesegaran dan semangat kita (bukanya malah menambah lelah loh, tetapi malah menambah kesegaran!). Jogging membuat kita sehat dan segar, sehingga bisa menghadapi hari esok dengan lebih fresh.

Selain Olahraga setelah beraktivitas, ada juga cara lain yang tak kalah mengasyikan. “Music Everywhere”. Ya. Musik itu mengasyikan. dengan mendengarkan musik kita bisa merasa lebih rileks (terutama musik-musik yang kita sukai). Karena berdasarkan penelitian, mendengarkan musik yang berirama sedang dan musik-musik instrumen akan meningkatkan aktivitas gelombang alpha otak, menyeimbangkan gelombang otak, mengatur pernafasan, dan membuat suasana hati lebih tenang.

Rekreasi juga bagus untuk mengisi hari-hari libur kita. Pilihan bagus jika kita pergi piknik, memilih objek yang kita sukai, bersama teman-teman tercinta. Merasakan indahnya panorama alam, merasakan kesejukanya. Kaya’ lagunya shaggy dog yang berbunyi, “Jalan-jalan di akhir pekan, lihat ke kiri dan ke kanan. Pohon-pohon dan burung-burung semua menyambut riang. Pergi jauh ke luar kota, lewati desa-desa, pikiran segar hati jadi riang, duhai asyiknya”

Wesseh. Mungkin itu saja tulisan tentang K3 yang dapat aku sampaikan (apa yang aku dapat dari bangku kuliah aku share di sini). dengan menerapkan K3 dalam kehidupan kita sehari-hari, semuanya terasa lebih mudah dan fresh. Memang tidak mudah untuk memulai itu semua, butuh kemauan dari dalam diri kita sendiri. K3 tidak hanya ada di perusahaan-perusahaan, K3 ada dalam diri kita, sesuatu yang harus ada. Salam Hangat untuk para pembaca semua. Jangan kapok ya baca tulisan aku :-). Gravitasi Diri.

Ditulis oleh: Muhammad Edy K.
Sumber : http://generasi21.blogspot.com/2014/10/menerapkan-k3-dalam-kehidupan-kita.html

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp Kami