AIHA: Update Fokus Utama Potensi Bahaya Kesehatan Bidang Kontruksi

American Industrial Hygiene Association (AIHA) adalah organisasi nirlaba, yang misinya adalah “Menciptakan pengetahuan untuk melindungi kesehatan pekerja.”  American Industrial Hygiene Association bekerja untuk memberikan informasi dan sumber daya kepada Ahli Kesehatan Industri dan Profesional Kesehatan Kerja.

Informsai terbaru dari American Industrial Hygiene Association (AIHA), pengusaha di industri konstruksi dapat mengendalikan bahaya kesehatan kerja sama efektifnya dengan bahaya keselamatan kerja. Dan hal ini dititik beratkan pada 4 fokus utama.

4 Fokus utama tersebut adalah suatu inisiatif untuk mengatasi bahaya kesehatan sector konstruksi, yang dikembangkan oleh Komite Konstruksi AIHA. 4 Fokus tersebut ialah :

  1. Manual Handling, yang menyumbang sekitar setengah dari biaya kompensasi pekerja industri untuk gangguan muskuloskeletal terkait kerja (MSD) karena terlalu banyak tenaga saat membawa, mengangkat, menarik, dan mendorong;
  2. Tingkat kebisingan yang tinggi yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan tinitus (dering di telinga); hampir 3/4 pekerja konstruksi dapat terpapar pada tingkat kebisingan di atas batas paparan yang direkomendasikan oleh Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH);
  3. Kontaminan udara, seperti debu, asap, uap, dan gas, yang dapat menyebabkan berbagai efek kesehatan jangka pendek dan jangka panjang, mulai dari asma dan iritasi hingga penyakit paru obstruktif kronis, masalah sistem saraf, kerusakan ginjal, atau bahkan kanker, tergantung pada bahan dan tingkat paparan; dan
  4. Suhu tinggi yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk kram panas, kelelahan panas, ruam panas, dan sinkop panas atau, yang paling serius, sengatan panas, yang dapat menyebabkan kematian atau cacat permanen jika tidak ditangani dengan cepat.

Sementara itu, upaya untuk mengendalikan bahaya kesehatan dinilai agak tertinggal daripada upaya untuk mengurangi bahaya keselamatan, AIHA menawarkan pendekatan kepada pengusaha yang dapat mereka adopsi.

sum ber : https://katigaku.top/2019/07/15/bahaya-kesehatan-sektor-konstruksi/
 *dengan penyuntingan seperlunya.   

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Whatsapp Kami