Pengertian Ergonomi

Untuk lebih memahami pengertian ergonomi atau definisi ergonomi, kita perlu memahami definisi ergonomi dari beberapa ahli ergonomi terlebih dahulu. Secara umum, definisi-definisi ergonomi yang ada membicarakan masalah-masalah hubungan antara manusia pekerja dengan tugas-tugas dan pekerjaannya serta desain dari objek yang digunakannya.

Pada dasarnya, kita boleh mengambil definisi ergonomi dari mana saja, namun demikian perlu kita sesuaikan dengan apa yang sedang kita kerjakan. Di bawah ini, katigaku akan menampilkan beberapa definisi ergonomi modern:

  • Ergonomi adalah aplikasi dari informasi sains tentang keberadaan manusia (dan metode sains untuk mendapatkan informasi terkait keberadaan manusia) dengan masalah dari desain (Pheasant, 1988)
  • Ergonomi adalah studi tentang kemampuan manusia dan karakteristik yang berdampak pada desain dari peralatan, sistem dan pekerjaan (Corlett & Clark, 1995)
  • Ergonomi adalah kemampuan untuk menerapkan informasi tentang karakter manusia, kapasitas manusia dan keterbatasan manusia terhadap desain dari tugas pekerja, sistem permesinan, tempat tinggal dan lingkungan sehingga manusia dapat hidup, bekerja dan bermain dengan aman, nyaman serta efisien ( Annis & McConville, 1996)
  • Desain ergonomi merupakan aplikasi dari faktor manusia, informasi tentang desain alat, mesin, sistem, tugas dan pekerjaaan serta lingkungan agar manusia dapat produktif, aman, nyaman serta berfungsi secara efektif (Manuaba, 1998)
  • Ergonomi (atau faktor manusia) adalah disiplin sains yang memberikan perhatian tentang interaksi antara manusia serta elemen lain dari sebuah sistem dan profesi yang menerapkan prinsip teori, data serta metode untuk membuat desain yang dapat mengoptimasi kesejahteraan manusia serta sistem performa secara keseluruhan (IEA, 2000)
  • Ergonomi (atau faktor manusia) adalah disiplin sains yang memberikan perhatian terhadap pemahaman dari interaksi antara manusia serta elemen lain dari sebuah sistem dan profesi yang menerapkan teori, prinsip, data serta metode untuk membuat desain yang mengoptimasi kesejahteraan manusia serta performa sistem secara keseluruhan. Ahli ergonomi berkontribusi kepada desain dan evaluasi dari tugas, pekerjaan, produk, lingkungan serta sistem agar membuat mereka sesuai dengan kebutuhan, kemampuan serta keterbatasan dari manusia ( Waldemar K. serta William S. M., 2003)
  • Ergonomi adalah keilmuan tentang cara kita untuk bekerja dan berinteraksi dengan karakteristik dari lingkungan; hal ini termasuk menemukan cara agar dapat lebih efisien, termasuk cara untuk melindungi manusia dari cidera. ( Christine Durant, et.al.,2006)
  • Ergonomi adalah keilmuan yang memberikan perhatian kepada “fit” antara manusia dengan pekerjaannya. Ergonomi meletakkan manusia sebagai hal yang pertama dengan memperhatikan kemampuan dan keterbatasannya. Ergonomi bertujuan untuk memastikan bahwa tugas, peralatan, informasi dan lingkungan sesuai dengan setiap pekerja. (HSE,2007)
  • Ergonomi adalah keilmuan tentan manusia ketika mereka menggunakan peralatan dalam lingkungan spesifik untuk melakukan tugas tertentu. Ergonomi bertujuan untuk mengurangi dampak buruk dari lingkungan kepada manusia sehingga memungkinkan setiap orang untuk memaksimalkan kontribusi mereka kepada pekerjaan yang diberikan ( Cherie Berry, 2009)
  • Ergonomi adalah keilmuan untuk menyesuaikan kondisi tempat kerja dengan permintaan pekerjaan kepada kemampuan dari pekerja. Ergonomi mempertimbangkan kemampuan dan keterbatasan dari pekerja karena mereka berinteraksi dengan peralatan, perlengkapan, metode kerja dan tugasnya dalam lingkungan. Setiap pekerja berbeda sehingga pilihan tunggal tidak akan cocok untuk semua pekerja. Ergonomi meliputi semua aspek dalam pekerjaan, dari mulai stres fisik yang dibebankan kepada sendi, otot, syaraf, tendon dan tulang dengan faktor lingkungan yang mungkin berakibat pada pendengaran, visi, dan kenyamanan serta kesehatan umum. Mendesain tempat kerja dengan pemahaman bahwa setiap individu berbeda dalam ukuran dan kondisi fisik merupakan langkah pertama untuk mengurangi kemungkinan dari cidera (UCDHS,2009)
  • Ergonomi adalah ilmu, seni dan penerapan teknologi untuk menyerasikan atau menyeimbangkan antara segala fasilitas yang digunakan baik dalam beraktivitas maupun istirahat dengan segala kemampuan, kebolehan dan keterbatasan manusia baik secara fisik maupun mental sehingga dicapai suatu kualitas hidup keseluruhan yang lebih baik ( Tarwaka, 2010)
tujuan ergonomi
Seorang pekerja tampak sedang mengeluarkan tenaganya

Sedangkan yang dimaksud dengan kualitas hidup manusia pekerja, sesuai dengan yang ditetapkan oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO). Secara umum adalah sebagai berikut:

  • Pekerjaan harus menghargai kehidupan dan kesehatan pekerja
  • Pekerjaan harus memberikan pekerja dengan waktu bebas untuk istirahat dan bersenang-senang
  • Pekerjaan harus memungkinkan pekerja untuk melayani masyarakat dan mendapatkan pemenuhan diri dengan meningkatkan kapasitas personal

Dengan demikian, pencapaian kualitas hidup manusia secara optimal, baik di tempat kerja, di lingkungan sosial maupun di lingkungan keluarga serta setelah pekerja pensiun dari pekerjaan, menjadi tujuan utama dari penerapan ergonomi.

Tujuan Ergonomi

Secara umum tujuan dari penerapan ergonomi adalah:

  • Meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental melalui upaya pencegahan cidera dan penyakit akibat kerja, menurunkan beban kerja fisik dan mental, mengupayakan promosi dan kepuasan pekerja
  • Meningkatkan kesejahteraan soisial melalui peningkatan kualitas kontak sosial, mengelola dan mengoordinir kerja secara tepat guna dan meningkatkan jaminan sosial baik selama kurun waktu usia produktif maupun setelah tidak produktif
  • Menciptakan keseimbangan rasional antara berbagai aspek yaitu aspek teknis, ekonomis, antropologi dan budaya dari setiap sistem kerja yang dilakukan sehingga tercipta kualitas kerja dan kualitas hidup yang tinggi

Sumber : https://katigaku.top/2019/10/08/sejarah-ergonomi-pengertian-tujuan-ruang-lingkup/

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Whatsapp Kami