4 Cara Pulihkan Dari Trauma Kecelakaan Kerja

Terkadang kecelakaan kerja merupakan sesuatu yang tak bisa dihindari, terlebih kecelaan tersebut bisa menimbulkan trauma serius. Baik bagi korban, maupun bagi pekerja lainnya.

Seseorang yang trauma biasanya akan memiliki perasaan tidak nyaman saat kembali beraktivitas. Kondisi itu harus segera diatasi agar tidak berlanjut serius.

Bila sudah berat, Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli. Namun bila merasa ringan, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengeliminasi trauma, dilansir dari laman helpguide.org, Kamis, 5 September 2019.

1. Jangan Mengisolasi Diri

Seringkali ketika merasa trauma, biasanya orang akan menarik diri dari lingkungan sosial. Bukannya merasa semakin tenang, tindakan itu justru malah menambah stres.

Setidaknya pilih seseorang yang dipercaya untuk menceritakan keluh kesah Anda. Jangan membiarkan diri untuk terus merasa sendirian.

2. Cari Kegiatan Menyenangkan

Kadangkala rutinitas sehari-hari menyentuh kenangan buruk akan kecelakaan. Hal-hal tersebut membuat perasaan anda terganggu menjadi tidak nyaman dan akibatnya akan terus merasakan ketakutan pada hal yang mirip-mirip dengan kecelakaan.

Untuk itu, anda perlu santai sejenak dengan mencari kegiatan menyenangkan, seperti hobi, di luar dari aktivitas rutin anda. Jangan melamun, itu bisa memberi ruang untuk pikiran kembali mengingat kenangan buruk.

3. Hadapi Rasa Takut

Kecelakaan Kendaraan Bermotor atau Kecelakaan Roda Dua
Ilustrasi Foto Kecelakaan Motor (iStockphoto)

Salah satu obat paling mujarab menghilangkan rasa takut adalah dengan menghadapi ketakutan itu sendiri. Jika sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi pasca-kecelakaan, jangan kabur dari kenyataan, hadapi dengan berani.

Salah satu caranya yaitu dengan berpikiran positif selama proses pemulihan. Pikiran negatif yang dibuat diri sendiri bisa menjadi pembunuh pikiran anda sendiri, yang membuat trauma seseorang semakin menjadi-jadi.

4. Jaga Kesehatan

Jika kondisi jiwa sedang tidak karuan karena trauma, yang harus dilakukan adalah menjaga badan untuk tetap sehat. Jiwa yang sehat berasal dari tubuh yang sehat.

Biasakan tidur dengan durasi yang cukup. Makan yang teratur dan tetap berpikir jernih.

Mengenali Trauma yang Memerlukan Perhatian Serius

Seiring berjalannya waktu, ketakutan yang dialami akibat peristiwa traumatis umumnya dapat hilang. Namun, sebagian orang mengalami trauma yang terus berlanjut, sehingga menimbulkan stres dan rasa takut yang berlebihan. Trauma semacam ini dikenal sebagai PTSD (post-traumatic stress disorder).

Cara menghilangkan trauma pada penderita yang mengalami PTSD, membutuhkan psikoterapi yang diberikan oleh psikater. Psikiater akan akan membantu penderita PTSD memahami, mengelola, dan mengembangkan cara yang spesifik untuk menghilangkan trauma. Selain itu, kemungkinan dibutuhkan konsumsi obat antidepresan agar penderita PTSD dapat mengendalikan rasa sedih dan ketakutan dengan lebih baik.

Menghilangkan trauma memang tidak mudah, namun tidak mustahil. Jika tidak dapat melakukannya sendiri, jangan segan untuk meminta bantuan orang terdekat atau bantuan ahli, seperti psikiater atau psikolog.

sumber :   
- https://www.alodokter.com/cara-menghilangkan-trauma-yang-patut-dicoba 
- https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4055799/4-cara-mengatasi-trauma-pasca-kecelakaan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Whatsapp Kami
FREE JADWAL TRAINING K3 2020 || KEMNAKER RI & BNSP