Ketika terjadi sebuah bencana, atau sesuatu yang tidak kita inginkan. Sarana Evakuasi adalah sesuatu yang sangat penting. Sarana Evakuasi adala Sarana dalam bentuk konstruksi dari bagian bangunan yang dirancang aman sementara (minimal 1 jam) untuk jalan menyelamatkan diri bila terjadi kebakaran bagi seluruh penghuni di dalamnya tanpa dibantu orang lain.

Ketentuan Umum Perancangan Sarana Evakuasi Darurat

Setiap tempat kerja harus tersedia jalan selain pintu masuk-keluar utama untuk menyelamatkan diri apabila terjadi kebakaran. Pintu tersebut harus membuka keluar dan tidak diperkenankan untuk dikunci. Petunjuk arah evakuasi harus terlihat jelas dalam keadaan gelap.

Ketentuan Teknis

  1. Laju Alir : 40 orang/menit.
  2. Durasi Evakuasi :
    • Hunian Resiko Bahaya Kebakaran Ringan : 2 menit.
    • Hunian Resiko Bahaya Kebakaran Sedang : 2.5 menit.
    • Hunian Resiko Bahaya Kebakaran Berat : 3 menit.
  3. Lebar Pintu Minimal : 21 inch

Contoh Perhitungan

Berapakah jumlah unit pintu darurat untuk mengevakuasi orang sebanyak 350 orang dalam waktu 2.5 menit?

Jawaban : Jumlah orang dibagi 40 orang/menit dikalikan 2.5 menit = 350/40 x 2.5 = 3.5 == 4 unit pintu darurat.

Klasifikasi resiko bahaya kebakaran jenis hunian terdapat pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja No 186 Tahun 1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran Kebakaran di Tempat Kerja.

Untuk menjamin keamanan minimal 1 (satu) jam saat terjadi kebakaran, maka konstruksi dirancang tahan api dan dilengkapi sarana pengendalian asap dengan tekanan udara positif (pressurized fan).

sumber :  https://sistemmanajemenkeselamatankerja.blogspot.com/2015/08/dasar-dasar-perancangan-sarana-evakuasi.html 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disc 10%, Dapat 7 Sertifikat in 1 Training ditambah Free Lencana Coba kamu cari !!, dimana ada penawaran semenarik ini. ? Sebuah pelatihan Ahli K3 Umum dengan Sertifikasi dari Kemnaker RI ditambah 6 Sertifikat lainnya (SO 9001, ISO 45001, ISO 14001, Sertifikat pengenalan K3 Dasar, Sertifikat pengenalan K3 Konstruksi, Sertifikat Internal) yang intinya, sekali ikut pelatihan kamu bisa dapat 7 sertifikat.
Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
HO Marketing
Adam Ari Palagan
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Dv. Marketing
Ana Agustiana
Tersedia