Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Memahamahi bayaha kerja dan mengidentifikasinya juga merupakan sebuah seni dalam dunia K3. Semua dilakukan untuk mewujudkan migitasi dan antisipasi kecelakaan kerja dari awal.

Salah satu “penyebab utama” kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja adalah kegagalan untuk mengidentifikasi atau mengenali bahaya yang ada, atau bahaya yang sebenarnya dapat dicegah di tempat kerja.─ Occupational Safety and Health Administration (OSHA)

Menurut OSHA, unsur penting dalam setiap program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang efektif adalah melaksanakan identifikasi bahaya dan penilaian risiko yang proaktif dan berkelanjutan.

Identifikasi bahaya dan penilaian risiko merupakan salah satu tahap perencanaan dalam sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) yang diwajibkan dalam standar ISO 45001:2018 maupun standar PP No.50 Tahun 2012 terkait SMK3.Identifikasi bahaya adalah upaya untuk mengetahui, mengenal, dan memperkirakan adanya bahaya pada suatu sistem, seperti peralatan, tempat kerja, proses kerja, prosedur, dll.

Penilaian risiko adalah proses penilaian suatu risiko dengan membandingkan tingkat/kriteria risiko yang telah ditetapkan untuk menentukan prioritas pengendalian bahaya yang sudah diidentifikasi.

Sesuai ISO 45001:2018, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan pengurus dan pekerja dalam melakukan identifikasi bahaya dan penilaian risiko di tempat kerja, di antaranya:

  • Aktivitas rutin dan non-rutin di tempat kerja
  • Aktivitas semua pihak yang memasuki tempat kerja termasuk kontraktor, pemasok, pengunjung, dan tamu
  • Perilaku manusia, kemampuan, dan faktor manusia lainnya
  • Bahaya dari luar lingkungan tempat kerja
  • Bahaya yang timbul di tempat kerja, meliputi:
KATEGORI A KATEGORI B KATEGORI C KATEGORI D
Potensi bahaya yang menimbulkan risiko jangka panjang pada kesehatan. Potensi bahaya yang menimbulkan risiko langsung pada keselamatan. Risiko terhadap kesejahteraan atau kesehatan sehari-hari.   Potensi bahaya yang menimbulkan risiko pribadi dan psikologis.  
Bahaya kimia (debu, uap, gas, asap) Bahaya biologis (penyakit dan gangguan oleh virus, bakteri, binatang dsb.) Bahaya fisik (kebisingan, penerangan, getaran, iklim kerja, terpeleset, tersandung, dan jatuh) Bahaya ergonomi (posisi duduk, pekerjaan berulang-ulang, jam kerja yang lama) Potensi bahaya lingkungan yang diakibatkan oleh polusi/limbah yang dihasilkan perusahaan. Kebakaran Listrik Potensi bahaya mekanik (tidak adanya pelindung mesin) Tata graha/ housekeeping (penataan dan perawatan buruk pada peralatan dan lingkungan kerja)   Air Minum Toilet dan fasilitas mencuci Ruang makan atau kantin P3K di tempat kerja Transportasi Pelecehan, termasuk intimidasi dan pelecehan seksual Terinfeksi HIV/AIDS Kekerasan di tempat kerja Stres Narkoba di tempat kerja  

Potensi bahaya didasarkan pada dampaknya terhadap pekerja

Sumber: ilo.org

  • Infrastruktur, peralatan dan material, baik yang disediakan perusahaan maupun pihak lain yang berhubungan dengan perusahaan
  • Perubahan pada organisasi, aktivitas atau material yang digunakan
  • Perubahan pada sistem manajemen K3 termasuk perubahan yang bersifat sementara dan berdampak terhadap operasi, proses, dan aktivitas kerja
  • Kewajiban perundangan-undangan terkait penilaian risiko dan tindakan pengendalian
  • Desain tempat kerja, proses, instalasi mesin/peralatan, prosedur operasional, dan organisasi kerja.

Beberapa bahaya, seperti tata graha dan bahaya tersandung, harus segera dilakukan tindakan pengendalian ketika bahaya ditemukan. Tindakan pengendalian ini bertujuan untuk meminimalkan bahaya dan risiko di tempat kerja, serta memastikan keselamatan dan kesehatan semua orang yang terlibat dalam kegiatan organisasi.

Catatan:

“Risiko” adalah akibat atau konsekuensi dari bahaya dan paparan. Dengan demikian risiko dapat dikurangi dengan mengendalikan atau menghilangkan bahaya atau dengan mengurangi paparan yang mengenai pekerja. Penilaian risiko membantu pengurus memahami bahaya yang ada di tempat kerja mereka dan memprioritaskan bahaya untuk segera dilakukan pengendalian secara permanen.

Semoga Bermanfaat, Salam safety

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
HO Marketing
Adam Ari Palagan
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Dv. Marketing
Ana Agustiana
Tersedia