Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Artikel ini sebenarnya akan cukup singkat jika di baca. Sebab tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk menjawab pertanyaan “Apakah sertfikat Ahli K3 Kontruksi masih harus kita miliki padahal kita sudah punya sertifikat AK3U ?. dan pertanyaan ini sering muncul.

Nah, untuk menjawab pertanyaan Wajibkah punya sertifikat Ahli K3 Kontruksi Setelah Memiliki Ahli K3 Umum ? baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari apa itu sertifikasi Ahli K3 Kontruksi.

Ahli K3 Kontruksi adalah tenaga teknis yang mempunyai kompetensi khusus di bidang K3 Konstruksi dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi SMK3 Konstruksi yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan dan kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga atau instansi yang berwenang sesuai dengan Undang-Undang (Peraturan Menteri Pekerjaan Umum  Nomor : 05 /PRT/M/2014)

Mengapa tidak AK3U saja?

Jika, pekerjaan Konstruksi mengandung potensi bahaya tinggi yaitu pekerjaan bersifat berbahaya dan/atau mempekerjakan tenaga kerja paling sedikit 100 orang dan/atau nilai kontrak diatas Rp. 100.000.000.000,- (seratus milyar rupiah) WAJIB melibatkan Ahli K3 Konstruksi.

Manfaatnya apa sama personil yang punya AK3 Konstruksi?

  • Dapat digunakan Untuk Tender-tender Proyek Konstruksi.
  • Pemahaman secara benar prinsip-prinsip K3 Konstruksi secara umum,
  • Kemampuan mengidentifikasi dan menganalisa bahaya dan mengambil tindakan pencegahan serta tindak lanjut perbaikan
  • Kemampuan merancang dan menyusunan program-program penerapan K3,
  • Kemampuan mensosialisasikan program-program K3,
  • Menjalankan tugas-tugas sebagai Ahli Muda K3 Konstruksi secara komprehensif dan dapat mengintegrasikan sistem pelaksanaan K3 dengan sistem manajemen perusahaan yang ada.
  • Peningkatan kompetensi dalam melamar kerja.

Itu hanya teori saja, akan tetapi pada kenyataan lapangan, tentunya masih banyak personil HSE yang bekerja di konstruksi hanya bermodalkan sertifikat AK3U saja. Dan pertanyaannya, apakah ini akan aman-aman saja ?

Jawabannya adalah, mungkin aman-aman saja tapi hanya untuk beeberapa saat, dan tidak aman bila terjadi kegagalan dalam project dan investigator menemukan ketidaklengkapan kompetensi akan berdampak bagi perusahaan tempat teman-teman bekerja.

Jadi kembali lagi, resiko selalu ditanggung penumpang 🙂 . Mengingakan kondisi aman yang sifatnya hanya sementara ? Atau taat aturan untuk keamanan dan keamanan jangka panjang. Semua keputusan ada di tangan anda :).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
HO Marketing
Adam Ari Palagan
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Dv. Marketing
Ana Agustiana
Tersedia