Sebagai ahli K3 (keselamatan dan kesehatan kerja), tetap dekat dengan hal penting dalam peran Anda merupakan pilihan yang efektif dan membawa perubahan untuk meningkatkan keselamatan kerja, sekarang dan di masa depan. Di sinilah tempat untuk memulai

1.Fokus pada pekerjaan – bukan pada proses keselamatan

Safety professionals need to be obsessed about people’s work

Sebagai profesional keselamatan, fokus Anda harusnya pada pekerjaan yang pekerja lakukan. Kedengarannya sederhana bukan? Bukan proses keselamatannya. Bukan hanya profil risiko keselamatan organisasi. Tugas Anda adalah untuk fokus pada pekerjaan yang dilakukan orang dan bagaimana mereka dapat didukung untuk melakukannya dengan selamat.

Objek pemahaman dan analisis adalah pekerjaan, bukan proses keselamatannya. Ahli K3 harus fokus pada pekerjaan saat ini dan masa depan. Sayangnya, mereka lebih sering fokus  pada masa lalu – seperti investigasi yang melihat sesuatu yang terjadi beberapa minggu yang lalu. Ini tidak proaktif untuk mendukung orang-orang Anda.

2. Tunjukkan bahwa Anda mengerti dan peduli pada orang lain

Safety professionals need to be people, people

Ini kedengarannya tidak sulit tetapi bagi banyak tim keselamatan, orang dapat tertinggal untuk membahas politik dan administrasi K3. Jika Anda ingin memiliki pengaruh dalam hal keselamatan, Anda perlu memahami dan peduli pada kehidupan orang lain, bukan menilai orang dan situasi. Profesional keselamatan yang efektif bukanlah hakim, juri, dan algojo, mereka adalah teman, pelayan, dan penasihat tepercaya.

bimbingan ahli k3
Peduli pada orang lain merupakan hal yang penting bagi ahli k3

Setelah orang-orang melihat Anda sebagai seseorang yang meluangkan waktu untuk memahami situasi setiap orang di tempat kerja dan peduli bagaimana itu memengaruhi mereka, Anda akan lebih cenderung dilihat sebagai seseorang yang nasihatnya dapat dipercaya. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman tentang pekerjaan yang Anda butuhkan, dan hubungan untuk membawa perubahan.

3. Investasi dalam pembelajaran dan pertumbuhan profesional

Safety professionals need to be life-long learners

Ada dunia keilmuan keselamatan kerja di luar tempat kerja Anda. Jika Anda ingin lebih efektif dalam pekerjaan Anda, terhubunglah dengan para pemimpin dan orang lain di bidang Anda untuk mengembangkan pengetahuan dan membawanya kembali ke organisasi Anda. Manajemen keselamatan adalah ilmu terapan antar-disiplin yang berarti bahwa seorang profesional keselamatan membutuhkan setidaknya pemahaman kerja: psikologi, sosiologi, ilmu manajemen, perilaku organisasi, teknik dan banyak disiplin ilmu lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda termasuk dalam lanskap profesional keselamatan yang lebih luas dan mengambil peran aktif dalam sektor ini – apakah itu untuk memahami praktik terbaik atau mempelajari keterampilan baru – membuat Anda lebih berharga dan cenderung membuat dampak dan membawa perubahan nyata. Penelitian menunjukkan bahwa memanfaatkan pelajaran eksternal untuk organisasi Anda meningkatkan pengaruh Anda dengan para pemangku kepentingan.

4. Jadilah role model dalam percakapan

Safety professionals need to have the difficult conversation

Pelajari cara untuk tidak setuju secara konstruktif dan mendorong orang lain di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama. Tunjukkan bahwa Anda merasa nyaman dengan percakapan terbuka dan menantang perihal keselamatan, dan jika tidak, pelajari caranya. Para profesional keselamatan perlu mempertanyakan dan dipertanyakan. Jika Anda selalu setuju dengan manajer dan pemangku kepentingan Anda maka peran Anda tidak perlu.

Organisasi yang terbuka terhadap perubahan sering juga terbuka terhadap perselisihan – bagaimana lagi orang belajar mengembangkan pemikiran atau keterampilan mereka? Dalam hal keselamatan kerja, kita membutuhkan panutan untuk mengajak dan mempromosikan manfaat ketidaksetujuan sehingga lebih banyak orang berbicara. Ini semakin sulit di organisasi modern yang menginginkan kesesuaian dan harmoni, tetapi penelitian menunjukkan bahwa keragaman ide sangat penting untuk mempertahankan keselamatan.

5. Belajarlah untuk bertanya, daripada memberikan pendapat

Safety professionals need to practice the art of humble inquiry

Bertanya ‘bagaimana seharusnya kita berpikir tentang masalah ini?’ Bisa lebih konstruktif daripada menyatakan pendapat dan menunggu orang lain membagikan pendapat mereka sendiri. Sementara ketidaksetujuan adalah keterampilan yang perlu dikembangkan, demikian juga kemampuan untuk mengajukan pertanyaan dan memperoleh wawasan dari tim dan rekan kerja Anda. Sangat mungkin bahwa membuat orang lain menyadari sendiri melalui pertanyaan Anda akan lebih berpengaruh daripada memberi tahu mereka apa yang harus mereka pikirkan.

Pemodelan gaya pertanyaan ini mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama dan dapat membantu mengurangi pelabelan pekerja yang tidak setuju dengan praktik keselamatan sebagai risk takers. Bertanya “mengapa Anda berpikir begitu?” reaksi seseorang memungkinkan orang untuk berbagi pendapat mereka secara lebih aman. Seorang profesional keselamatan belajar dengan mengajukan pertanyaan alih-alih menyatakan apa yang mereka ketahui.

6. Tetap tenang – tetap rasional setiap saat

Safety professionals need to bring new insight to management

Keselamatan telah menjadi topik yang sangat sering ada dalam organisasi, yang membagi orang menjadi ‘mereka yang peduli’ dan ‘mereka yang tidak’, berdasarkan bagaimana mereka menanggapi saran dan perubahan di tempat kerja. Hindari menjadi emosional atau menghakimi dalam percakapan yang menantang. Para profesional keselamatan perlu mencari tahu tentang ‘apa yang ada’ di organisasi mereka, tidak terpaku pada ‘apa yang seharusnya’.

Jika Anda tidak setuju dengan seseorang, bawalah data, fakta, dan pendapat profesional, untuk mengurangi kemungkinan orang bereaksi secara emosional atau dengan penilaian terhadap Anda, tetapi pada saat yang sama, jangan menyamakan perbedaan pendapat dengan orang yang tidak peduli tentang keselamatan. It is not always right to be right.

7. Buat ruang di hari Anda untuk bertanya

Safety professionals need the space and autonomy to roam their organisation

Langkah yang paling sulit juga merupakan yang paling kritis dalam hal menjadi efektif sebagai profesional keselamatan. Jika Anda ingin meningkatkan cara Anda bekerja, Anda membutuhkan lebih banyak ruang. Membutuhkan waktu untuk mengenal orang, membangun hubungan yang efektif, dan memahami tantangan dalam peran mereka.

kompetensi ahli k3
Ahli K3 harus mampu menguasai banyak ilmu pengetahuan

Sebagai profesional keselamatan, Anda perlu tahu apa yang terjadi di organisasi Anda. Jika Anda menghadiri rapat dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, itu tidak mungkin. Memahami orang dan pekerjaan mereka berarti meluangkan waktu untuk bertanya dan menyelidiki serta berkolaborasi tentang solusi. Anda perlu mengikuti jejak sinyal lemah untuk secara proaktif mengelola risiko keselamatan yang muncul dan di masa depan.

Untuk menjadi seorang profesional keselamatan yang efektif, Anda perlu lebih dari 50 persen dari peran yang Anda alokasikan pada white space, di mana Anda punya waktu untuk mengangkat telepon, mengikuti firasat, keluar ke lapangan dan melihat apa yang terjadi – untuk fokus pada pekerjaan saat ini dan masa depan, yang merupakan pekerjaan Anda.

Langkah BONUS … jelaskan tentang peran keselamatan

Safety professionals need to clarify their role to their organisation

Sangat sedikit organisasi meluangkan waktu untuk memutuskan peran apa yang mereka inginkan untuk dimainkan oleh para profesional keselamatan. Tetapi penting untuk memastikan semua orang selaras dengan tujuan yang sama. Setelah Anda memutuskan dan berkomunikasi ‘kami ingin petugas keselamatan kami fokus pada pekerjaan’, ‘kami tidak ingin profesional keselamatan kami terikat dalam rapat’, maka semua orang dapat bergerak maju bersama.

Peran seorang profesional keselamatan bukanlah untuk menjadi pengawas utama, kepatuhan dari atas ke bawah dan pemandu sorak dari kinerja keselamatan masa lalu. Fokus utama bagi para profesional keselamatan adalah untuk membantu para pemangku kepentingan mereka memahami peran yang paling efektif bagi mereka untuk dilakukan dan bagaimana organisasi dapat memberikan dukungan terbaik bagi mereka. Mulailah percakapan sekarang untuk membangun peran dengan dampak.

Disarikan dari: David Provan. https://www.linkedin.com/pulse/increasing-safety-professional-impact-david-provan/ 

Sumber : https://katigaku.top/2020/06/09/meningkatkan-manfaat-ahli-k3/

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Banjir Dikson 50% Pelatihan Dibulan OktoberPandemi terus berlanjut, namum semangat kita gak boleh redup. Dari pada bosen dirumah, mending upgrade diri dengan pengetahuan baru. Ada diskon gila-gilaan di Oktober ini lho.
Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
HO Marketing
Adam Ari Palagan
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Dv. Marketing
Ana Agustiana
Tersedia