people wearing diy masks

Ketangguhan Sistem K3 Indonesia diuji selama pandemi

Dalam memperingati Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja se-Dunia, ILO mengadakan dua rangkaian acara: diskusi bersama jurnalis dan organisasi media serta webinar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) nasional. Bertemakan “Potret Investasi K3 di Indonesia”, diskusi media dan webinar tersebut masing-masing diselenggarakan pada 27 dan 29 April.

Jaminan Kehilangan Pekerjaan ini memberikan penggantian atau sebagian pendapatan sementara kepada pekerja yang kehilangan pekerjaan, sedangkan pesangon adalah penghargaan kepada pekerja yang telah lama bekerja.”

Hery Sutanto, Direktur Pengembangan Kelembagaan K3, Kementerian Ketenagakerjaan

Kedua acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya investasi K3 dan pentingnya peran tempat kerja yang aman dalam pemulihan dan pencegahan krisis. Berdasarkan pembelajaran yang didapatkan saat ini, kedua acara ini juga menitikberatkan pada penguatan sistem K3 nasional sebagai upaya membangun ketahanan dalam menghadapi krisis COVID-19 saat ini dan krisis yang akan datang.

Kedua acara tersebut menghadirkan Yuka Ujita, spesialis K3 ILO. Dia menyoroti laporan terbaru K3 ILO yang berjudul “Antisipasi, persiapan dan respons terhadap krisis. Investasi sekarang juga dalam sistem K3 yang tangguh ”. Laporan tersebut mengkaji pencegahan dan manajemen risiko terkait pandemi. Laporan ini pun menguraikan peran penting kerangka hukum dan lembaga regulasi K3, mekanisme kepatuhan, layanan kesehatan dan konsultasi, data, penelitian dan pelatihan selama masa pandemi.

Ia juga mengingatkan, selain sektor kesehatan dan perawatan, banyak tempat kerja telah menjadi sumber wabah COVID-19, terutama di perusahaan kecil dan mikro. “Perekonomian informal mengalami kesulitan untuk memenuhi persyaratan K3 resmi karena kurangnya sumber daya untuk dapat beradaptasi dengan ancaman yang ditimbulkan pandemi,” kata Yuka.

Perekonomian informal mengalami kesulitan untuk memenuhi persyaratan K3 resmi karena kurangnya sumber daya untuk dapat beradaptasi dengan ancaman yang ditimbulkan pandemi.”

Yuka Ujita, spesialis K3 ILO

Dalam kedua acara tersebut juga dipaparkan investasi K3 yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Selain serangkaian kerangka peraturan, Kementerian Ketenagakerjaan baru-baru ini meluncurkan Jaminan Kehilangan Pekerjaan yang baru sebagai respons terhadap dampak sosial ekonomi dari pandemi. “Jaminan Kehilangan Pekerjaan ini memberikan penggantian atau sebagian pendapatan sementara kepada pekerja yang kehilangan pekerjaan, sedangkan pesangon adalah penghargaan kepada pekerja yang telah lama bekerja,” ungkap Hery Sutanto, Direktur Pengembangan Kelembagaan K3.

Investasi lainnya termasuk pembentukan program penanggulangan dan pencegahan COVID-19 di tingkat perusahaan, penyusunan Strategi K3 Nasional 2021-2025, reformasi pengawasan ketenagakerjaan, pelantar daring K3 untuk sertifikasi dan peningkatan kapasitas, serta program K3 regional di tingkat ASEAN.

Sumber : https://www.ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_789636/lang–en/index.htm

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
CostumerCare
Costumer Care
Tersedia