Apa itu Hiperkes dan Manfaat Training Hiperkes ?

Hiperkes – Mungkin anda sering mendengar kata tersebut. Tapi tahukah kamu apa itu ?, Hiperkes merupakan gabungan kata dari Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Perusahaan memiliki peran proaktif dalam menyelenggarakan usaha-usaha preventif untuk menyelesaikan segala masalah kesehatan di lingkungan kerja, mengidentifikasi dan mengendalikan potensi bahaya yang mungkin timbul, selain untuk mencegah Penyakit Akibat Kerja (PAK) serta memantau pelaksanaan program K3 lainnya.

Apa itu Hiperkes?

Hiperkes adalah ilmu kesehatan/kedokteran yang bertujuan untuk melindungi keselamatan kerja para karyawan.

Higiene perusahaan terdiri dari higiene industri, higiene okupasi, higiene kerja, dan industrial-occupational hygiene. Ruang lingkup pekerjaanya adalahmengenali, mengukur, dan melakukan penilaian (evaluasi) terhadap faktor penyebab gangguan kesehatan atau penyakit dalam lingkungan kerja dan perusahaan. Kemudian, hasil evaluasi tersebut dipergunakan sebagai dasar tindakan korektif dan dimanfaatkan sebagai pengembangan pengendalian yang lebih bersifat preventif terhadap lingkungan kerja/perusahaan.

Sementara itu kesehatan kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan/kedokteran beserta praktiknya yang bertujuan agar karyawan mendapatkan derajat kesehatan sebaik-baiknya, mulai dari kesehatan fisik, mental, emosional, maupun sosial.

Program kesehatan kerja ini diupayakan dengan kegiatan-kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif terhadap penyakit/gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pekerjaan dan/atau lingkungan kerja, serta terhadap penyakit pada umumnya.

Mengapa Hiperkes Penting?

Tentunya banyak yang bertanya, seberapa penting kesehatan dan keselamatan kerja bagi perusahaan dan karyawannya di seluruh lokasi kerja? Sangat penting.

Seorang dokter atau perawat yang menjalankan program kesehatan dan keselamatan kerja sebaiknya mengikuti pelatihan sertifikasi hiperkes yang diatur pemerintah melalui peraturan Kemenaker:

  1. Pasal 1 Permenaker No. 01 tahun 1976 tentang Wajib Latih Hiperkes bagi Dokter Perusahaan yang menyebutkan, “Setiap perusahaan diwajibkan untuk mengirimkan setiap dokter perusahaannya untuk mendapatkan latihan dalam bidang Hygiene Perusahaan. Kesehatan dan Keselamatan Kerja”.
  2. Pasal 1 Permenaker No. 01 tahun 1979 tentang Wajib Latih Hiperkes bagi ParaMedis Perusahaan, “Setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga Para Medis diwajibkan untuk mengirimkan setiap tenaga tersebut untuk mendapatkan latihan dalam bidang Hygiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja”.

Sebagai dokter perusahaan atau paramedis diharuskan mengetahui beberapa hal yang terkait dengan alur produksi dan melakukan identifikasi potensi bahaya yang terdapat di perusahaan agar dapat menjalankan kesehatan dan keselamatan kerja tersebut.

Jika sudah diketahui potensi bahaya yang kemungkinan timbul, maka dokter perusahaan atau paramedis dapat menilai risiko dari potensi bahaya tersebut dan melakukan manajemen risiko sehingga dapat mengurangi penyakit akibat kerja (PAK) dan mencegah kecelakaan kerja di perusahaan tersebut.
Karena peraturan dan alasan pentingnya hiperkes tersebut di atas, maka diperlukan Pembinaan dan Sertifikasi Hiperkes untuk Dokter Perusahaan dan ParaMedis yang tersertifikasi Kementrian Ketenagakerjaan RI.

Sasaran dan Manfaat Training Hiperkes

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Hari Lagi Promo DihentikaanSegera Putuskan, Ambil Promo Ini. Ahli K3 Umum Hanya Segini !!!

Mana ada training ahli K3 umum segini ?. Kamu adalah orang yang spesial, sebagai generasi penerus yg penuh karya. Maka kami harus selalu mendukungmu. Ayo daftar, dapatkan promonya !

Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
CostumerCare
Costumer Care
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Head Marketing Officer
Meydia
Jauh