person holding diploma

CARA PERPANJANG LISENSI AK3U dan SKP

Ahli K3 Umum – Sebagai seorang praktisiatau professional dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), tentunya sudah memiliki pengetahuan yang cukup mengenai K3. Namun ternyata, pengetahuan dan pengalaman saja tidaklah cukup. Untuk melamar pekerjaan baru, promosi jabatan, atau bahkan pengakuan, anda membutuhkan pengesahan.

Jika anda mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum KEMNAKER, anda akan mendapatkan 3 dokumen, yaitu Sertifikat AK3U KEMNAKER, Surat Keterangan Penunjukan (SKP) dan Lisensi Kewenangan Ahli K3 Umum.

1.  Sertifikat AK3U KEMNAKER, menyatakan bahwa anda mampu/kompeten terhadap bidang tersebut. Untuk memperoleh sertifikat tersebut pastinya melalui ujian kompetensi melalui PJK3 dengan mengikuti pelatihan AK3U KEMNAKER. Masa berlaku sertifikat tersebut seumur hidup.

2.   Surat Keterangan Penunjukan (SKP), menyatakan bahwa anda ditunjuk sebagai Ahli K3 untuk perusahaan tersebut. Jadi, bila anda pindah tempat kerja ke perusahaan baru, silahkan mengurus perubahan SKP tersebut. Masa berlaku SKP ini 3 tahun.

3. Lisensi Kewenangan Ahli K3 Umum, menyatakan kewenangan anda untuk menghentikan pekerjaan yang berpotensi membahayakan manusia, peralatan dan lingkungan.

Dalam mengurus perpanjangan, pemindahan atau penerbitan baru Surat Keterangan Penunjukan (SKP) dan Lisensi Kewenangan AK3U, tentunya membutuhkan syarat atau dokumen yang dibutuhkan dalam pengurusannya. Umumnya, syarat atau dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

1.     Fotocopy sertifikat Ahli K3 umum

2.     Surat Keterangan Penunjukan asli yang terakhir (Jika ada)

3.     Lisensi Kewenangan asli terakhir (jika ada)

4.     Surat Keterangan Penunjukan Ahli K3 dari perusahaan

5.  Surat permohonan penerbitan/perubahan/perpanjangan Surat Keterangan Penunjukan dan Lisensi Kewenangan AK3U

6.     Laporan kegiatan Ahli K3 selama 3 tahun terakhir

7.     Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6 (Masing-masing 2 lembar)

Lalu, bagaimanakah cara pengurusannya?

Cara Perpanjang Lisensi Ak3u
Sumber : https://bantuan.kemnaker.go.id/support/solutions/articles/43000070593-apa-bedanya-menggunakan-layanan-datang-langsung-ke-kementerian-ketenagakerjaan-dibandingkan-dengan-me
  1. Mengurus sendiri ke Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA).

Jika teman-teman telah memenuhi persyaratan diatas, maka teman-teman tinggal datang ke PTSA Kementerian Ketenagakerjaan. Ambil nomor antrian di mesin otomatis. Kemudian tunggu nomor antrian teman-teman dipanggil. Selanjutnya teman-teman bisa menyerahkan persyaratan diatas ke petugas.

Selesai penyerahan persyaratan, teman-teman jangan lupa untuk meminta tanda terimanya ya. Teman-teman akan mendapatkan tanda terima surat masuk PTSA DIT. PNK3 beserta nomor PTSA. Selama proses perpanjangan ini, jangan lupa untuk selalu follow up dengan telepon ataupun datang langsung ya.

2. Menggunakan jasa perpanjangan Surat Keterangan Penunjukan dan Lisensi Kewenangan Ahli K3 Umum.

Anda dapat menggunakan jasa perpanjangan SKP dan Lisensi Kewenangan. Hal ini lebih mudah bagi anda yang memiliki waktu yang terbatas, yang perlu anda lakukan adalah mencari penyedia jasanya, melengkapi administrasi, lalu menunggu informasi bila sudah diterbitkan SKP dan lisensi yang baru. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan jasa PJK3 Prashetya Quality .

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sekali lagi, promo ini gilaPelatihan Pengawas Operasional Pertama (POP) Pertambangan

 Kamu adalah orang yang spesial, sebagai generasi penerus yg penuh karya. Maka kami harus selalu mendukungmu. Ayo daftar, dapatkan promonya !

Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
WeCreativez WhatsApp Support
CostumerCare
Costumer Care
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Head Marketing Officer
Meydia
Tersedia