man people building industry

Menghitung Kebutuhan Tenaga Kerja Proyek Konstruksi

Dalam sebuah proyek konstruksi, keuntungan yang bakal diperoleh oleh Kontraktor sangat dipengaruhi oleh faktor waktu dan tenaga kerja. Menyelesaikan proyek tepat waktu akan menghemat biaya, pengerahan tenaga kerja dengan maksimal pun juga sangat menentukan, sehingga sebelum mengerjakan sebuah proyek sudah seharusnya menghitung-hitung dulu dengan teliti berapa banyak tenaga kerja yang diperlukan agar proyek bisa diselesaikan tepat waktu.

Kita misalkan saja, sebuah pekerjaan pasangan dinding bata pagar belakang dengan tinggi 2 m, dan panjang 15 m, dengan Volume Luas = 2×15 = 30 m2

Analisa Harga Satuan :

Analisa Harga Satuan SNI

Pasangan Bata Merah tebal 1/2 Bata dengan campuran 1:4

Kebutuhan Tukang batu pada pekerjaan Pas. Bata caranya adalah dengan mengalikan koefesien pada tabel analisis harga satuan dengan volume pekerjaan tersebut, yaitu sebagai berikut:

Pekerja

  = 30 m2 x 0,300 Org/m2

  = 9 Org

Tukang

  = 30 m2 x 0,100 Org/m2

  = 3 Org

Secara analisis kita membutuhkan pekerja sebanyak 9 orang dan tukang sebanyak 3 orang untuk sebuah pekerjaan pas. bata dengan volume 30 m2. Dalam penerapannya di lapangan bisa saja kita memangkas jumlah pekerja dengan mengoptimalkan hanya beberapa orang saja.

Bila diinginkan pekerjaan selesai dalam 3 hari, maka kebutuhan tukang batu tersebut adalah 9 Orang/Hari : 3 Hari = 3 Orang.

Ditulis oleh : Saiful Hadi
Sumber : https://www.tukanggambar.com/2022/01/cara-menghitung-kebutuhan-tenaga-kerja.html

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dari 6 Juta Jadi 4 JutaanPenawaran Menarik Masih Berlanjut !!!

 Kamu adalah orang yang spesial, sebagai generasi penerus yg penuh karya. Maka kami harus selalu mendukungmu. Ayo daftar dirimu dalam pelatihan berikut !

Survey Loyalty Costumer PrashetyaAyo, isi survey ini dengan penuh semangat dan sejujur-jujurnya :). Ada pulsa senilai Rp. 500.000 yang akan kami undi untuk 50 orang yang beruntung !!!
WeCreativez WhatsApp Support
Mungkin kamu kesulitan, atau butuh informasi terkait pelatihan kami. Tidak perlu sungkan-sungkan. Langsung saja chat kami sekarang :)
👋 Hi,Apa yang bisa aku bantu?